Sukses

Lifestyle

Kapan Saat Terbaik Makan Buah? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Dalam pola makan sehat sehari-hari kita sering disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Tapi bukan cuma banyaknya saja yang perlu kita perhatikan tetapi juga waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Demi mendapatkan manfaat terbaik buah-buahan, penting juga mengetahui saat yang terbaik mengonsumsinya.

Ada beberapa waktu yang disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan. Buah bisa cukup baik dikonsumsi saat sarapan. Kenapa? Karena setelah semalaman tidur ("puasa"), glukosa darah kita sudah turun. Dengan mengonsumsi buah yang cukup di pagi hari, kita bisa mendapatkan kembali asupan gula untuk menstabilkan glukosa darah. Selain pagi hari saat sarapan, ada lagi waktu terbaik untuk makan buah.

2 dari 3 halaman

Sela-Sela Makan Besar

Menurut Robert Hendrik Liembodo dalam buku DEBM (Diet Enak, Bahagia, & Menyenangkan) Cara Mudah Turunkan Berat Banda Tanpa Sengsara, saat terbaik makan buah adalah di sela-sela makan besar. Misal, kita sarapan pukul 07.00 dan makan siang pukul 12.00, maka kia bisa makan buah pada pukul 09.30 dan pukul 15.00. Buah bisa dikonsumsi setelah kadar gula darah moderat dan buah dikonsumsi sebagai snack (bukan sebagai dessert atau makanan penutup). Bila kita ada rencana untuk mengemil buah, perhatikan juga jadwal makan besar kita setiap harinya.

Waktu "terburuk" makan buah justru pada siang hari. Kecuali bila saat makan siang kita tak makan nasi, maka kita bisa mengganti nasi dengan konsumsi buah. Kalau kita mengonsumsi daging-dagingan, hindari buah bersamaan dengan daging. Sebab protein bisa memicu insulin dalam kadar yang moderat. Sehingga bila kita mengonsumsi buah bersamaan dengan daging, maka kadar insulin bisa makin tinggi.

3 dari 3 halaman

Sebelum Tidur

Bila lapar menjelang jam tidur malam, kita bisa mengonsumsi buah. Bila kita makan malam pukul 18.00, kita bisa mengonsumsi buah pukul 20.00. Ada jeda waktu 4 jam untuk gula darah dalam tubuh menurun sebelum makan buah. Dengan kata lain, kita perlu memberi waktu pada tubuh kita untuk mencerna nasi sebelum mulai makan buah.

Buah bisa dijadikan camilan di sela-sela makan pagi dan makan siang atau pada jam sebelum tidur. Jenis buah yang disarankan untuk membantu menurunkan berat badan adalah yang Glycemic Index-nya rendah seperti buah apel dan stroberi. Hindari buah yang terlalu matang, sebab buah yang terlalu matang kadar gulanya makin tinggi. Buah-buahan rendah kalori seperti lemon, stroberi, blewah, melon hijau, dan pepaya bisa dikonsumsi dengan yogurt rendah kalori atau dicampur bersama agar-agar plain agar terasa lebih kenyang lagi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kapan Saat Terbaik Mengonsumsi Gula? Pahami agar Tak Gampang Gemuk
Artikel Selanjutnya
Cara Sehat Mengonsumsi Telur, Begini Anjurannya!