Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kue Kering Tidak Matang Merata dan Rasa Terigu!

Fimela.com, Jakarta Ada banyak tantangan agar bisa membuat kue kering yang enak dan sesuai harapan. Seringkali percobaan pertama membuat kue kering tak akan berhasil dengan mudah, butuh beberapa kali percobaan agar kue kering enak.

Salah satu masalah yang cukup sering terjadi saat membuat kue kering adalah ketika kue yang dibuat ternyata matangnya tidak merata dan malah terasa terigu. Ada beberapa alasan kue menjadi seperti ini:

1. Ukuran dan ketebalan tidak sama

Mungkin ketebalan antara satu kue dengan kue lainnya tidak sama. Begitu juga memastikan bahwa ukuran luas kue harus seimbang satu sama lain. Pastikan menyetak kue dengan ketebalan dan ukuran yang sama sehingga bisa matang merata saat dipanggang.

2. Suhu oven tidak merata

Jika menggunakan oven tradisional, bisa jadi suhu panas yang dihantarkan tidak merata sehingga ada kue yang matang dan ada juga yang tidak. Putar loyang secara berkala agar panas oven merata dan membuat kue matang seluruhnya.

Penyebab Kue Kering Tidak Matang Merata

3. Suhu oven terlalu rendah

Suhu oven yang rendah juga bisa menyebabkan kue lama matang, atau mungkin matang tapi hasilnya tidak sempurna. Pada akhirnya, kue jadi rasa terigu. Kalau pun ingin memanggang lagi, tak akan bisa mengubah hasilnya. Harus mengulang dari awal.

4. Waktu memanggang yang kurang

Bisa juga waktu memanggangnya yang kurang atau oven lupa dipanaskan lebih dulu sehingga kue tak matang. Sebelum memasukkan kue ke oven, panaskan dulu oven hingga mencapai suhu yang diinginkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu memasukkan loyang dan proses baking kue dimulai.

5. Jarak antar kue yang salah

Jika membuat dalam jumlah besar, jangan paksakan meletakkan kue terlalu di pinggir loyang. Beri jarak antar kue kurang lebih 2 cm, dan pisahkan pada banyak loyang. Itu dia sekian penyebab kue kering tidak matang merata dan rasa terigu. Jangan sampai melakukan kesalahan yang sama ya Sahabat Fimela.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading