Sukses

Lifestyle

5 Keutamaan Silaturahmi, Menjaga Persaudaraan Menambah Keberkahan

Fimela.com, Jakarta Menyambung tali silaturahmi bisa dilakukan kapan saja. Tapi momen silaturahmi biasanya sangat terasa kuat di hari lebaran. Lebaran menjadi salah satu hari baik untuk mengunjungi sanak saudara, kerabat, teman, dan para tetangga untuk menjalin kembali hubungan persaudaraan.

Silaturahmi memiliki sejumlah keutamaan. Tak hanya dilakukan saat lebaran, dilakukan di luar lebaran pun berkahnya tetap luar bias. Menjalin dan menyambung kembali hubungan baik bisa melipatgandakan kebaikan dan keberkahan. Berikut lima keutamaan silaturahmi yang bisa kita dapatkan, langsung simak di sini ya.

1. Diluaskan Rezekinya dan Dipanjangkan Umurnya

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (HR. Bukhari – Muslim).

Dengan bersilaturahmi, kita bisa mendapat keutamaan untuk mendapatkan rezeki yang lebih luas. Mengunjungi anggota keluarga yang lebih tua dan dihormati bisa meningkatkan keharmonisan. Masih diberi kesempatan untuk bisa saling berkunjung dan mendoakan menjadi cara tersendiri untuk kita mensyukuri nikmat waktu dan usia yang masih kita miliki saat ini.

 

2. Menjaga Kerukunan

Mungkin sebelumnya kita punya salah dan belum sempat meminta maaf. Maka, dengan bersilaturahmi kita bisa meluruskan keadaan. Menyelesaikan masalah yang ada, saling memaafkan, dan bisa kembali rukun hidup berdampingan. Pertengkaran dan perselisihan yang ada pun bisa dicari jalan keluarnya bersama melalui momen silaturahmi ini.

3. Kembali Terhubung dengan Allah SWT

Dalam hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya Allah swt menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan. Dia berfirman: “Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu.”

Menyambung tali silaturahmi dengan manusia bisa menjadi cara kita untuk kembali terhubung dengan Sang Pecipta. Memperlakukan manusia dengan baik juga jadi salah satu cara menjalankan perintah-Nya. Menjaga kerukunan dan perdamaian dengan sesama merupakan salah satu cara kita untuk bisa dekat dengan Allah SWT.

4. Dijauhkan dari Neraka

“Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Siapa yang tidak ingin dihindarkan dari neraka? Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kita bisa terhindari dari neraka. Salah satunya adalah dengan menjalin kembali tali silaturahmi. Menjaga dan memperkuat tali persaudaraan tak hanya baik untuk kehidupan kita di dunia tapi juga untuk kebaikan di akhirat nanti.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat silaturahmi bisa kembali kepada diri kita sendiri. Bersilaturahmi juga baik untuk kesehatan mental. Bercengkerama, saling bertanya kabar, dan bertukar cerita dengan orang-orang terdekat kita bisa meningkatkan mood. Menghadirkan kembali rasa bahagia dan perasaan positif yang baik untuk kesehatan mental kita.

Mari kita bersilaturahmi di hari lebaran kali ini. Tak hanya ke saudara dan sanak keluarga saja, tapi juga ke para sahabat, teman, hingga mungkin ke orang-orang yang selama ini sudah lama tidak kita jumpai. Semoga kebaikan dan keberkahan dari silaturahmi bisa kita dapatkan bersama, ya.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading