Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengakhiri Penderitaan karena Penolakan

ringkasan

  • Terima Kenyataan Penolakan Tersebut
  • Salurkan Energimu dengan Olahraga
  • Rawat Dirimu

Fimela.com, Jakarta Cinta ditolak, lamaran pekerjaan ditolak, dan semua penolakan pastinya bisa meninggalkan kesedihan dan luka yang mendalam. Rasanya hidup hancur lebur ketika kita dihadapkan pada sebuah penolakan. Hidup terasa kelam dan bisa terasa sangat menderita karena penolakan.

Untuk bisa kembali melanjutkan hidup setelah penolakan biasanya akan butuh waktu dan proses tersendiri. Masing-masing orang mungkin butuh waktu berbeda-beda untuk mengakhiri penderitaan yang ada. Bagi yang saat ini masih berjuang untuk sembuh dari penolakan, tips-tips ini bisa sangat membantumu.

1. Terima Kenyataan Penolakan Tersebut

Sebuah penolakan bisa membuat kita merasa dibuang atau diabaikan. Hal ini jelas sangat menyakitkan. Akan tetap bila ingin bisa segera berdamai dengan penolakan, kita perlu menerima kenyataan tersebut. Setelah itu kita perlu menyadari bahwa waktu masih terus berjalan dan hidup kita masih perlu dilanjutkan. Izinkan dirimu bersedih, tapi jangan lupa untuk kembali melangkah ke depan.

2. Salurkan Energimu dengan Olahraga

Kondisi fisiologis kita biasanya akan ikut terpengaruh karena penolakan yang kita terima. Detak jantung kita mungkin akan meningkat, muncul rasa mual karena gelisah, atau keringat bercucuran karena rasa takut. Coba salurkan energimu dengan melakukan olahraga. Bisa pilih olahraga yang memfokuskan teknik pernapasan atau gerak tubuh yang dapat membuat badanmu terasa lebih nyaman.

3. Rawat Dirimu

Siapa lagi yang bisa mencintaimu apa adanya selain dirimu sendiri? Kembali perhatikan dan rawat dirimu. Lakukan hal-hal yang bisa memberi kebaikan untuk jiwa dan tubuhmu. Meski kadang rasanya susah untuk mengendalikan nafsu makan karena stres, tapi cobalah untuk pilih makanan yang bernutrisi. Istimewakan dirimu dengan melakukan hal-hal yang membuatmu bahagia.

4. Ambil Sisi Positif dari Penolakan yang Didapatkan

Saatnya untuk berpikir lebih jernih. Setelah hati lebih tenang, coba ambil hikmah atau sisi positif dari penolakan yang didapatkan. Apa yang bisa dipelajari dari penolakan yang ada? Apakah ada kesalahan yang harus diperbaiki? Apa saja hal-hal yang bisa kita kendalikan? Pilihan dan langkah yang akan kita ambil ke depannya akan memberi banyak pengaruh pada hidup kita daripada hanya meratapi keadaan.

5. Terus Berproses

Suasana hati kita mungkin akan naik turun. Kadang kesedihan kembali menyapa meski sempat merasakan kelegaan. Tidak menutup kemungkinan ke depannya nanti kita akan mengalami dan mendapatkan penolakan-penolakan baru. Jadi, jangan berhenti berproses. Selalu isi hari-harimu dengan hal-hal yang berarti. Izinkan dirimu menikmati hidup.

Tetap semangat ya, Sahabat Fimela. Semoga hari-harimu ke depannya dipenuhi lebih banyak warna yang cerah.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sesekali Mementingkan Diri Sendiri Itu Perlu, Ini 4 Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
Merayakan Kemerdekaan dengan Berhenti Meremehkan Pilihan Orang Lain