Sukses

Lifestyle

Hepatitis A Tidak Bisa Berkembang Menjadi Hepatitis B, Begini Penjelasannya

ringkasan

  • Hepatitis virus A tidak bisa menjadi hepatitis B.
  • Tetapi bisa saja dalam satu kasus pasien mengalami 2 macam infeksi yaitu infeksi virus B dan juga hepatitis virus A

Fimela.com, Jakarta Hepatitis bukanlah penyakit yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Baru-baru ini kejadian luar biasa (KLB) hepatitis A pun terjadi di Pacitan, Jawa Timur.

Hepatitis sendiri memiliki beberapa jenis, mulai dari heaptitis A, B, C, D, hingga E. Banyak orang yang beranggap jika terserang hepatitis A otomatis akan terkena hepatitis B pula. Padahal, keduanya merupakan penyakit yang bersumber dari dua virus berbeda.

Dokter penyakit dalam, prof. Arif F Syam menyampaikan hepatitis virus A tidak bisa menjadi hepatitis B. Hal ini dikarenakan virus penyebabnya yang berbeda.

"Oleh karena itu kalau pernah divaksinasi oleh vaksin hepatitis B tidak berarti juga sudah terlindungi dari infeksi virus hepatitis A," paparnya.

Mengalami dua macam infeksi

Prof. Ari mengatakan tetapi bisa saja dalam satu kasus pasien mengalami 2 macam infeksi yaitu infeksi virus B dan juga hepatitis virus A.

Untuk itu, pencegahan yang terpenting adalah hidup sehat dengan makan yang teratur dan cukup gizi, istirahat cukup dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Cuci tangan pakai sabun yang rutin, sebelum dan sesudah makan dan setelah keluar dari toilet, apalagi penyakit ini tertular melalui makanan dan minuman.

Khusus untuk yang mengurus orang sakit dengan hepatitis A harus menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik kalau perlu dengan mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral. Vaksinasi hepatitis virus A sebaiknya diberikan bagi orang yang memang akan berkunjung pada daerah yang sedang terjangkit KLB atau wabah 2 minggu sebelum berada di lokasi terjadinya KLB.

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kemenkes: Dugaan Sementara Air Jadi Media Penularan Hepatitis A di Pacitan
Artikel Selanjutnya
Hal yang Harus Dilakukan Agar Tidak Tertular Penyakit Hepatitis A