Sukses

Lifestyle

Sayangi Tubuhmu, Berhentilah Makan saat Sudah Pukul 8 Malam

Fimela.com, Jakarta Tubuh kita memiliki irama biologis (circadian rhythm) yang jam kerjanya tetap dan sistematis dalam siklus 24 jam sehari. Sistem pencernaan kita terdiri atas tiga fase yang ketiganya secara simultan aktif selama 24 jam, hanya saja pada waktu-waktu tertentu masing-masing akan lebih intensif dibandingkan fase-fase lainnya. Bila salah satu fase terhambat, maka fase berikutnya akan ikut terhambat. Itulah sebabnya pola makan dan jadwal makan kita harus benar-benar diperhatikan dengan baik agar sistem pencernaan kita lancar.

Bila proses dan sistem pencernaan terhambat, nantinya proses metabolisme tubuh juga bisa ikut terganggu. Bisa jadi berat badan tubuh akan naik karena gangguan pada sistem pencernaan dan metabolisme ini. Kita bisa mulai mengambil langkah pertama untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan menjaga berat badan, yaitu dengan berhenti makan setelah lewat pukul 8 malam. Sebab pada pukul 8 malam, sistem pencernaan memasuki fase penyerapan dan asimilasi. Selengkapnya, langsung kita simak info mengenai sikluas sistem pencernaan seperti yang dikutip dari buku Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi berikut ini.

1. Fase Pencernaan (12 siang - 8 malam)

Pada fase ini merupakan fase yang tepat untuk mengonsumsi makanan padat karena fungsi pencernaan bekerja lebih aktif. Setelah pukul 8-9 malam tidak dianjurkan makan makanan padat lagi, karena tidur dengan perut penuh makanan akan mengganggu fungsi tubuh yang aktif pada fase berikutnya.

2. Fase Penyerapan dan Asimilasi (8 malam - 4 pagi)

Pada saat tubuh dan pikiran kita sedang istirahat total atau tidur, tubuh mulai menyerap, mengasimilasi, mengedarkan zat makanan dan detoksifikas. Makan larut malam atau kurang tidur akan menghambat fase ini karena energi yang ada terbagi untuk mencerna makanan atau aktivitas yang dilakukan ketika kita edang tidak tidur.

3. Fase Pembuangan (4 pagi - 12 siang)

Secara intensif tubuh mulai melakukan pembuangan sisa-sisa makanan dan sisa-sisa metabolisme. Siklus ini paling banyak memakai energi. Selagi siklus ini berlangsung sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berat dan padat karena akan menurunkan intensitas proses pembuangan, memperlambat proses pencernaan, dan memboroskan energi.

Saatnya untuk lebih menyayangi tubuh dan menjaga kesehatan kita dengan mengatur pola makan yang lebih baik, ya. Setidaknya bisa dimulai dengan membatasi diri untuk berhenti makan setelah pukul 8 malam.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong di Pagi Hari, Sudah Tahu?
Artikel Selanjutnya
5 Aktivitas Sederhana Ini Ternyata Bisa Melatih Otak Tetap Aktif