Sukses

Lifestyle

Mencintai Orang Lain Itu Mudah, Mencintai Diri Sendiri lah yang Sulit

Fimela.com, Jakarta Ketika mencintai seseorang, kita cenderung akan mengubah persepsi, bahkan mengubah diri sendiri agar bisa cocok dengan keinginan pasangan. Berubah ke arah yang baik tentu jadi hal bagus, tapi berubah menjadi orang lain hanya untuk disukai bukan hal benar untuk dilakukan.

Tak pernah disadari banyak orang bahwa hal ini sebenarnya bersumber pada titik 'apakah kita sudah mencintai diri sendiri atau belum?'. Untuk beberapa orang, ini akan jadi proses yang sulit, bahkan butuh pembiasaan. Untuk memulainya, seseorang harus siap menghadapi skeian hal ini.

1. Memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Kenali diri sendiri sebelum mengenal orang lain. Apa yang membuatmu menjadi individu yang berbeda. Jika jago memasak, menjahit atau mungkin membuat kerajinan tangan adalah keahlianmu, banggalah dengan hal itu. Kenali juga apa yang membuatmu kurang menurutmu sendiri, jika merasa tak cantik, belajarlah dandan, jika merasa gemuk, olahraga dan atur pola makan, perbaiki jika memang itu membuatmu merasa tak nyaman.

Cara Mencintai Diri Sendiri

2. Menerima kekurangan tersebut

Jika kekurangan itu tak bisa diperbaiki, maka terimalah. Dengan menerima diri sendiri, kamu lebih bisa menghargai diri sendiri. Daripada fokus pada kekurangan, fokuslah pada hal terbaik apa yang bisa dilakukan saat ini.

3. Menghargai diri sendiri

Ubah persepsimu. Jika berpikir orang gendut tak akan dapat jodoh atau tubuh pendek itu tak cantik, banyak orang dengan hal-hal tersebut bisa melakukan lebih dari apa yang kamu pikir. Dengan menghargai diri sendiri, kamu tak akan mudah direndahkan atau diperlakukan tak adil oleh orang lain. Kamu juga tak akan sengaja menjadi orang lain hanya untuk disukai.

Akan lebih menyenangkan jika bisa jujur pada diri sendiri dan memahami bahwa dirimu pun layak untuk dicintai. Jadi sebelum mencintai orang lain, merasa nyamanlah dulu dengan diri sendiri. Bagaimana bisa kamu mencintai seseorang sedangkan kamu belum bisa mencintai diri sendiri?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Orang yang Dekat dengan Keluarganya Berpotensi Hidup Panjang Umur!
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Melatih Body Positivity, Begini Caranya Mencintai Diri Sendiri