Sukses

Lifestyle

Tips dan Trik Menghadapi Rekan Kerja yang Hobi Ngaret

Fimela.com, Jakarta Sudah lewat 15 menit dan semua orang sudah datang untuk mengikuti rapat, tapi selalu ada rekan kerja yang memang terkenal hobi ngaret yang belum datang, seringkali tanpa penjelasan atau permintaan maaf. Kebiasaan itu bukan hanya menyinggung perasaan orang lain, tapi juga dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Sebelum merasa frustasi, lakukan beberapa hal berikut ini saat berurusan dengan rekan kerja yang selalu terlambat.

Mulai Tanpanya

Sebagian besar pertemuan atau presentasi memiliki slot waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Tentunya tidak adil bagi banyak orang untuk menjadwal ulang agendanya karena satu orang memiliki kebiasaan untuk terlambat. Akhiri presentasi atau rapat pada waktu yang telah ditentukan dan biarkan rekan kerja yang hobi ngaret itu tertinggal hal-hal yang penting.

Bersikap Tegas

Ketika berpikir bagaimana menghadapi rekan kerja yang selalu terlambat, ingat bahwa setiap menit yang tertunda berarti menit tambahan setelah jam kerja berakhir secara resmi. Jadi jangan sampai membuat 10 orang lain bekerja untuk jam tambahan hanya karena satu orang tidak muncul tepat waktu.

Mulai rapat dan berikan kesan yang halus jika berjalannya rapat tidak tergantung pada kehadirannya. Walau rekan kerja tersebut merupakan bagian berharga dari perusahaan dan ada kalanya kehadirannya penting untuk membahas masalah-masalah tertentu, tapi rapat bisa dimulai tanpa menunggunya.

Bicarakan dengan Rekan Kerja

Jika rekan kerja yang selalu ngaret itu mulai mempengaruhi pekerjaanmu, ada beberapa opsi yang dimiliki. Mulai minta mereka untuk datang lebih awal untuk pertemuan selanjutnya dengan sopan. Tapi sebaiknya jangan menggali sendiri masalah kehadirannya jika bukan bertindak sebagai atasan maupun penanggung jawabnya.

Beritahukan Pihak yang Bertanggung Jawab

Biarkan pihak HR mengetahui fakta bahwa kedatangan rekan kerja yang sering terlambat itu dapat mempengaruhi pekerjaan atau lingkungan di tempat kerja. Minta untuk menyelidiki masalah ini dan mungkin membantu menyelesaikannya.

Walau terdengar tega, kamu tidak harus terbebani oleh beban kerja atau waktu kerja yang lebih panjang karena masalah keterlambatan rekan kerja. Jika perlu, sebaiknya bantu ia untuk memahami pentingnya menghargai waktu dan upaya orang lain dengan datang tepat waktu.

Jangan lupa untuk mengusulkan solusi yang dapat membantu mengatasi keterlambatannya, seperti GrabBike. Lewat program #AntiNgaret, selain menyediakan armada yang memadai juga menjamin kecepatan penjemputan.

Ada 4 kemudahan yang ditawarkan oleh GrabBike agar pelanggan dapat memaksimalkan waktu mereka. Mulai dari 5 juta titik jemput yang lebih akurat, fitur Venues untuk memberikan panduan visual dan teks untuk menuju titik jemput terdekat, menyimpan alamat yang sering dikunjungi pada aplikasi Grab, hingga layanan GrabNow untuk kecepatan mendapatkan pengemudi.

Share informasi tentang program #AntiNgaret persembahan GrabBike atau kunjungi Instagram Grab, @GrabID.

Loading