Sukses

Lifestyle

4 Kunci Utama Mengatasi Cemburu dalam Hubungan Cinta Jarak Jauh

Fimela.com, Jakarta Punya hubungan cinta jarak jauh atau LDR memang memberikan tantangan tersendiri, salah satu hal yang pasti adalah timbulnya rasa cemburu. Rasa cemburu wajar terjadi karena ini menunjukkan rasa cinta, namun kadar cemburu yang besar bisa menghancurkan hubungan yang sudah dibangun. Agar bisa menjalani LDR dengan baik, begini caranya mengatasi rasa cemburu.

1. Kenali alasanmu cemburu

Tanyakan pada diri sendiri mengapa merasa cemburu. Apakah ini hanya karena prasangka saja atau ada alasna kuat yang mendasarinya. Tuliskan perasaanmu agar bisa membantu meringankan pikiran. Nilai secara objektif dan lihat dari banyak sudut pandang apakah cemburumu ini beralasan.

2. Katakan padanya

Cara terbaik mengatsi rasa cemburu adalah dengan tidak memendamnya sendiri. Katakan pada pasangan, diskusikan mengapa kamu cemburu. Seringkali sulit mengakui bahwa dirimu cemburu, namun beranikan diri mengungkapkannya. Jika ia peduli perasaanmu, ia akan mencoba mencari solusinya bersama.

 

3. Selalu jaga komunikasi

Hanya komunikasi yang baik, jujur dan terbuka yang akan menjelaskan semuanya. Bicarakan apa saja yang ia lakukan hari ini dan semua itu akan memberikan banyak gambaran apakah sepatutnya cemburu atau tidak. Ketika komunikasi terjalin intens, tak ada alasan untuk cemburu.

4. Menguatkan rasa percaya

Hubungan yang kuat dilandasi rasa percaya yang besar. Pupuk perasaan itu dan jaga agar tetap kuat. Jangan mudah curiga. Jika pikiran curiga itu mulai muncul, berpikirlah positif. Prasangka dan rasa curiga hanya akan menghancurkan hubungan cinta.

Itu dia kunci utama mengatasi rasa cemburu jika ingin hubungan jarak jauh bisa bertahan lama. Selalu latih bersama pasangan agar tak perlu merasa cemburu berlebihan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cemburu Buta Ternyata Tanda Narsisme, Menurut Studi
Artikel Selanjutnya
4 Lagu yang Cocok untuk Scorpio Sang Pencemburu