Sukses

Lifestyle

4 Tips Membantu Pria Lebih Peka dengan yang Kita Mau

Fimela.com, Jakarta Dalam sebuah hubungan, kita sebagai perempuan jelas selalu ingin bisa dimengerti oleh pria. Sayangnya, seringkali dalam sejumlah kasus kita mendapati sikap pria yang kurang peka. Menghadapi pria yang menurut kita kurang peka memang kadang cukup menjengkelkan.

Tapi sudahkah kita berupaya untuk membantu pria lebih memahami dan mengerti kita? Belajar membangun komunikasi yang baik dalam sebuah hubungan memang butuh proses tersendiri. Namun, bukan berarti kita tak bisa mengusahakan yang terbaik.

1. Ungkapkan yang Kita Rasakan

Jangan buru-buru ngambek saat dia tak bisa memahami atau mengerti yang kamu rasakan. Komunikasikan dengan mengungkapkan yang kamu rasakan. Misalnya, ketika kamu kesal karena melihatnya tampak terlalu akrab dengan mantannya, katakan saja, "Saat kamu terlihat masih sangat perhatian dengan mantanmu, aku merasa tersisihkan." Utarakan dan ungkapkan perasaan yang ada dalam hatimu dengan kalimat langsung.

2. Beri Respons saat Pikiran Jernih

Dalam artikel "How to Deal with Annoying People" via Psychology Today, psikolog Marcia Reynolds mengungkapkan bahwa kita perlu mengelola kondisi emosi dan fisik kita ketika dihadapkan pada sikap suami yang tidak peka. Tenangkan diri terlebih dahulu saat merasa terluka atau tersakiti. Begitu sudah lebih rileks dan mampu berpikir jernih, kita akan lebih mudah memberi respons yang lebih baik tanpa marah berlebihan.

 

 

3. Jangan Berharap Dia Bisa Membaca Pikiranmu

Tidak semua bahasa tubuh atau ekspresi kita bisa dibaca dengan baik oleh pria. Bagaimanapun, dia bukanlah cenayang atau pembaca pikiran. Kita perlu mengutarakan maksud dan keinginan kita dengan jelas agar dia bisa mengerti. Terkadang, permasalahannya bukanlah karena dia kurang peka melainkan karena memang kita tak menyampaikan pesannya dengan jelas.

4. Selalu Luangkan Waktu untuk Bisa Berduaan

Setelah menikah, tetap perlu menjadwalkan waktu untuk berkencan. Tak perlu kencan ke restoran mewah. Sekadar menghabiskan waktu membuat makan malam bersama di rumah sudah bisa menjadi quality time yang menyenangkan. Dengan menghabiskan waktu untuk berduaan, maka akan ada lebih banyak kesempatan untuk mengenal diri satu sama lain lebih dalam.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu Sahabat Fimela dalam memahami pasangan, ya. Membangun komunikasi yang baik bisa dimulai dengan membuka diri dan saling berusaha untuk mengerti satu sama lain.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan Menepati Janji ke Pasangan Sangatlah Penting
Artikel Selanjutnya
Punya Selera Humor Baik, Kunci Hubungan Selalu Bahagia dan Langgeng