Sukses

Lifestyle

Mengenal 15 Jenis Umbi-Umbian yang Ada di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Indonesia juga terkenal dengan berbagai tanamannya. Ada banyak jenis tanaman di Indonesia yang bisa menghasilkan bahan makanan. Salah satu tanaman yang menghasilkan bahan makanan adalah tanaman jenis umbi-umbian.

Ada banyak umbi-umbian yang bisa ditemukan di Indonesia. Berikut jenis umbi-umbian tersebut.

Jenis Umbi-Umbian di Indonesia

1. Bawang

Bawang termasuk umbi-umbian. Bawang merah, bawang putih dan bawang bombay bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Tak sebatas bawang merah, bawang putih dan bombay, Indonesia juga terkenal dengan bawang lainnya yang berkhasiat sebagai obat.

2. Wortel

Wortel juga masuk ke dalam jenis umbi-umbian. Wortel adalah umbi-umbian yang mengandung vitamin, serat dan karbohidrat yang baik buat tubuh.

3. Kentang

Kentang juga merupakan umbi khas Indonesia. Kentang adalah sumber nutrisi yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Kentang bisa diolah menjadi berbagai masakan dan camilan lezat.

4. Ketela Pohon atau Singkong

Umbi selanjutnya ada ketela pohon atau singkong. Ketela pohon tak hanya bisa diolah menjadi camilan lezat tetapi juga bisa diolah menjadi nasi tiwul yang bermanfaat sebagai pengganti nasi beras.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah umbi-umbian khas Indonesia yang memiliki cita rasa manis menggugah selera. Ada banyak jenis ubi jalar dengan cita rasa dan warna beraneka ragam. Ubi jalar bisa diolah menjadi berbagai masakan dan camilan yang menggugah selera.

6. Talas

Talas adalah umbi-umbian yang memiliki rasa khas yang cukup hambar. Meski rasanya cukup hambar, talas memiliki banyak penggemar. Diolah menjadi talas kukus atau keripik talas, ini siap memanjakan lidah siapa saja. Sayangnya, beberapa talas memberi sensasi gatal di lidah saat kita mengonsumsinya.

7. Suweg

Ini merupakan umbi-umbian yang banyak ditemukan di Jawa Tengah dan sebagian daerah Jawa Timur. Suweg merupakan umbi yang sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Cara mengolah suweg cukup dengan dikukus kemudian disajikan bersama taburan garam dan kelapa parut.

8. Uwi

Uwi memiliki umbi-umbian yang mirip dengan suweg namun warga daging umbinya putih keungu-unguan. Uwi memiliki cita rasa manis yang khas. Biasanya, umbi uwi diolah dengan cara dikukus.

Bengkuang hingga Porang

9. Bengkuang

Bengkuang adalah umbi-umbian yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Bengkuang memiliki bentuk khas seperti gasing. Bengkuang memiliki daging umbi berwarna putih dengan rasa manis serta menyegarkan. Bengkuang biasa diolah menjadi rujak buah, dipanggang, digoreng atau ditumis.

10. Gadung

Gadung merupakan umbi-umbian yang cukup populer di Indonesia. Gadung biasanya diolah menjadi keripik atau kerupuk. Untuk mengolah gadung harus melewati beberapa proses karena jika dikonsumsi secara langsung gadung bisa menyebabkan keracunan.

11. Gembili

Gembili adalah umbi-umbian dengan pohon merambat seperti uwi. Gembili memiliki cita rasa manis dengan daging umbi lembut. Gembili bisa dijadikan makanan pengganti nasi.

12. Gembolo

Gembolo mirip dengan gembili namun ukurannya lebih besar dari gembili. Rasa gembolo juga sangat mirip dengan gembili. Jika gembili bisa dipanen dalam waktu yang cukup singkat yakni beberapa bulan, gembolo memerlukan waktu tanam yang cukup lama hingga satu tahun bahkan lebih.

13. Ganyong

Umbi selanjutnya ada ganyong. Ini merupakan umbi yang bisa diolah dengan cara cukup dikukus atau diparut kemudian diambil tepung patinya. Di beberapa daerah di Jawa, tepung pati diolah menjadi kue tradisional yang bernama jenang ganyong.

14. Garut

Garut adalah umbi-umbian khas Indonesia yang cukup digemari. Garut memiliki pohon yang mirip dengan pohon rempah kunyit, lengkuas dan sejenisnya. Garut memiliki kulit dan daging umbi warna putih. Garut bisa diolah dengan cara dikukus atau diparut dan diambil tepung patinya.

15. Iles-Iles atau Porang

Umbi yang satu ini sangat mirip dengan suweg. Rasa porang lebih manis dengan daging umbi yang lebih empuk setelah dikukus. Porang tak hanya dijadikan makanan pengganti nasi tetapi juga bahan utama untuk pembuatan lem, roti, agar-agar, mie bahkan kosmetik.

Itulah beberapa umbi-umbian yang ada di Indonesia. Dari beberapa umbi-umbian di atas, mana yang menjadi favoritmu? Adakah umbi yang belum pernah dirimu coba atau rasakan?

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading