Sukses

Lifestyle

20 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dan Kolesterol dengan Cepat secara Alami

Fimela.com, Jakarta Gula darah adalah bahan bakar dalam tubuh yang berfungsi sebagai energi untuk kerja otak, sistem saraf, serta organ tubuh lainnya. Gula darah diperoleh dan dihasilkan dari sumber makanan yang masuk dalam tubuh.

Gula darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan diabetes, kerusakan saraf, bahkan tidak berfungsinya organ ginjal. Berikut kami rekomendasikan cara menurunkan gula darah yang tinggi secara cepat dan alami.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi biasanya ditemukan pada orang yang memiliki diabetes dan gangguan pada hormon insulin. Berikut kami bagikan tips cara menurunkan kadar gula darah.

Suntik insulin

Ketika mengetahui bahwa kadar gula darah tinggi, suntik insulin bisa menjadi salah satu cara menurunkan kadar gula darah. Insulin bisa disuntikkan pada perut, tepat di atas atau di samping pusar agar bisa bekerja lebih cepat.

Minum air lebih banyak

Salah satu cara menurunkan kadar gula darah yakni dengan minum lebih banyak air. Air akan menetralisasi kelebihan gula dari darah, lalu mengeluarkannya lewat urine.

Olahraga

Olahraga bisa juga dilakukan sebagai cara menurunkan kadar gula darah, sebab olahraga akan membuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Saat itulah glukosa akan digunakan untuk menghasilkan lebih banyak energi.

Membatasi asupan gula

Alternatif cara menurunkan kadar gula darah yakni dengan membatasi asupan gula yang masuk dalam tubuhmu. Bila perlu, gunakan pemanis rendah kalori untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh.

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

Salah satu cara menurunkan gula darah tinggi adalah dengan mengubah gaya hidup. Berikut adalah beberapa penyesuaian gaya hidup yang dapat dilakukan.

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan bisa menjadi salah satu cara menurunkan gula darah tinggi. Jagalah berat badan ideal agar tidak mudah terserang resiko diabetes.

Tidur cukup

Salah satu cara menurunkan gula darah tinggi adalah dengan tidur cukup 7-9 jam sehari. Hindarilah gangguan tidur yang dapat memicu kenaikan gula darah.

Mengontrol tingkat stres

Saat tubuh mengalami stres, hormon glukagon dan kortisol akan meningkatkan kadar gula darah. Untuk itu, lakukanlah relaksasi sebagai cara menurunkan gula darah tinggi.

Mengontrol porsi makan

Mengontrol porsi makan bisa diterapkan menjadi cara menurunkan gula darah tinggi. Porsi makan yang terkontrol akan mengurangi asupan kalori dan menurunkan lonjakan gula darah.

Cara Menurunkan Gula Darah secara Alami

Kadar gula darah harus berada dalam ambang wajar, agar kinerja organ tubuh tidak terganggu. Namun, jangan kuatir bila gula darahmu cukup tinggi. Berikut adalah tips cara menurunkan gula darah secara alami.

Avokad

Avokad mengandung lemak tak jenuh yang menjadi komponen penting untuk mengendalikan kadar gula darah, sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menurunkan gula darah secara alami. Selain itu, avokad dapat menurunkan resiko diabetes.

Ikan yang mengandung omega 3

Cara menurunkan gula darah secara alami yakni dengan mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3. Kandungan protein dalam ikan dapat menurunkan gula darah dalam tubuh.

Bawang putih

Bawang putih bisa dijadikan salah satu cara menurunkan gula darah secara alami. Konsumsi bawang putih dalam jumlah besar akan membantu menormalkan gula darah.

Kakao

Benih kakao yang mengandung antioksidan, flavonol, dan protein penting bagi tubuh bisa digunakan sebagai cara menurunkan gula darah secara alami. Rasa benih kakao yang pahit dapat menurunkan glukosa darah.

Telur

Telur memang mengandung kolesterol tinggi, namun protein yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengatur gula darah tubuh agar seimbang. Konsumsilah telur rebus sebagai cara menurunkan gula darah secara alami.

Cara Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Gula darah tinggi seringkali dikaitkan juga dengan kolesterol yang tinggi. Kondisi tersebut harus segera diatasi agar tidak semakin memburuk. Yuk, simak cara menurunkan gula darah dan kolesterol berikut.

Perbanyak asupan serat

Memperbanyak asupan serat bisa menjadi cara menurunkan gula darah dan kolesterol. Serat bisa ditemukan pada sayuran segar, biji-bijian, apel dan oatmeal.

Pilih lemak sehat

Cara menurunkan gula darah dan kolesterol yakni dengan mengonsumsi lemak sehat. Lemak sehat terkandung pada avokad, minyak zaitun, maupun kacang-kacangan yang tidak digoreng.

Cara Menurunkan Gula Darah dengan Cepat

Kadar gula darah dipengaruhi oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Gula darah yang tinggi harus segera diatasi, agar tidak mengganggu kinerja organ tubuh. Berikut cara menurunkan gula darah dengan cepat.

Air oat

Air oat dapat digunakan sebagai cara menurunkan gula darah dengan cepat. Berikut adalah tahapannya.

  1. Rendam secangkir oatmeal dalam 8 gelas air selama 12 jam, lalu saring oatmeal dan masukkan dalam blender dengan kayu manis
  2. Tambahkan air sampai oatmeal menjadi halus
  3. Tambahkan air lagi, kemudian minum satu gelas setiap hari.

Chamomile dan kayu manis

Salah satu cara menurunkan gula darah dengan cepat yakni menggunakan chamomile dan kayu manis. Yuk, simak caranya.

  1. Didihkan segelas air dan tambahkan 1 sendok makan bunga chamomile, serta 1/2 sendok makan bubuk kayu manis
  2. Biarkan meresap dan kecilkan api selama 3 menit
  3. Diamkan kira-kira 10 menit, lalu hidangkan dalam sebuah cangkir dan minum waktu perut kosong.

Jus bayam dan seledri

Bayam dan seledri bisa juga digunakan sebagai cara menurunkan gula darah dengan cepat. Berikut tipsnya.

  1. Siapkan apel hijau dan wortel, kemudian cuci bersih dan kupas
  2. Campurkan apel, wortel, 3 genggam bayam, 2 tangkai seledri, dan 1 mentimun
  3. Blender bahan-bahan tersebut, kemudian sajikan. Dianjurkan mengonsumsi satu gelas setiap hari.

Teh kayu manis

Cara menurunkan gula darah dengan cepat yakni menggunakan teh kayu manis. Panaskan 4 gelas air, saat mendidih tambahkan bubuk kayu manis secukupnya.

Diamkan selama 5 menit dalam api kecil, lalu dinginkan sampai ramuan diap diminum.

Teh hijau

Teh hijau bisa menjadi pilihan cara menurunkan gula darah dengan cepat. Cukup dengan mengonsumsi secangkir teh hijau hangat setiap kali makan.

 

Tak perlu kuatir jika kadar gula darah mulai meninggi. Lakukan pemeriksaan rutin dan coba praktikkan beberapa cara di atas. Selamat mencoba.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Gula Darah Tinggi dengan Cepat secara Alami