Sukses

Lifestyle

Mengenal Tauco, Bumbu Masakan dan Bahan Makanan Asli Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang Indonesia mungkin sudah cukup akrab dengan tauco atau bahkan sudah sering menggunakannya saat memasak. Namun banyak juga orang yang tak tahu mengenai bumbu asli Indonesia ini.

Tauco merupakan bumbu masakan yang punya cita rasa khas dan aromanya yang kuat, gurih dan menggugah selera, meski ada juga yang tak begitu suka dengan aromanya.

Pembuatan

Pembuatannya hampir sama seperti kecap namun tanpa gula. Tauco dibuat dari biji kedelai putih atau kuning yang direbus, dihaluskan (ada juga yang dibiarkan utuh) dan dicampur dengan tepung terigu untuk selanjutnya difermentasikan hingga tumbuh jamur. Fermentasi kedelai ini kemudian dicampur dengan air garam, direndam dan dijemur di bawah sinar matahari hingga timbul aroma kuat.

Fungsi dan Manfaat

Tauco terbuat dari pasta kedelai yang berfungsi sebagai penyedap masakan alami. Umumnya, bumbu masakan ini digunakan dalam berbagai olahan masakan Jawa dan Sunda. Meski ada juga versi tauco lain yang berasal dari Kalimantan dan Sumatra karena setiap daerah memiliki keunikannya sendiri. 

Masakan menggunakan tauco

Seperti halnya terasi atau petis, tauco juga tidak bisa jadi bumbu untuk semua masakan, hanya masakan tertentu saja yang menggunakannya. Tauco umumnya dijadikan bumbu tumisan, cah, sambal atau gorengan seperti tumis kangkung, cah sawi, sambal tauco atau isian gorengan.

Itu dia sekian hal tentang tauco sebagai bumbu masakan Indonesia yang patut dicoba di rumah dan dilestarikan dalam kuliner nusantara.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Chili Oil atau Minyak Cabai untuk Berbagai Masakan Pedas
Artikel Selanjutnya
5 Jenis Cabai yang Paling Populer di Indonesia