Sukses

Lifestyle

5 Tips Memilih dan Membeli Tahu Berkualitas Baik

ringkasan

  • Baunya tidak asam
  • Permukaannya tidak licin

Fimela.com, Jakarta Menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak dibeli di pasar karena selalu tersedia kapan saja dan murah meriah, bukan berarti bisa mengabaikan kualitas tahu yang dibeli. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum membeli tahu. Ini caranya memilih tahu yang berkualitas baik sebelum membelinya.

1. Baunya tidak asam

Salah satu tanda yang paling mudah dikenali apakah tahu segar atau tidak adalah dari baunya. Jika baunya terlalu asam menyengat, sebaiknya jangan dibeli. Itu tanda tahu sudah lama atau airnya jarang diganti sehingga mempengaruhi rasa tahu.

2. Permukaannya tidak licin

Tahu yang baik seharusnya memiliki permukaan yang bersih dan kesat. Jika ketika disentuh permukaan tahu licin dan berlendir, sebaiknya tidak dibeli. Itu tanda tahu berjamur dan sudah lama. Apalagi jika permukaannya berwarna kekuningan.

3. Padat namun lembut

Tahu yang baik memiliki bentuk padat namun lembut. Sebaiknya tidak memilih tahu yang terlalu mudha hancur atau terlalu keras, dikhawatirkan jika terlalu mudah hancur, berarti tahu belum benar-benar tanak.

4. Tidak terlalu kenyal

Pastikan juga tahu tidak terlalu keras atau bahkan kenyal. Jika tahu tidak mudah hancur, dikhawatirkan sudah dicampuri bahan kimia seperti formalin dan pengawet lainnya.

5. Warna yang putih segar

Jika melihat tahu yang baik, warnanya putih bersih. Tidak kehitaman atau kekuningan. Meski bau agak asam namun pastikan tidak menyengat dan air rendamannya tidak keruh.

Itu dia sekian tips memilih dan membeli tahu yang berkualitas baik, semoga bermanfaat Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading