Sukses

Lifestyle

Tips dan Cara Menumbuhkan Tauge Sendiri di Rumah

Fimela.com, Jakarta Ada banyak bahan makanan yang dijual di pasar, tapi dari banyaknya sayuran, kita pasti akan menemui tauge dengan mudah dan dijual dengan harga murah. Tauge bisa dijadikan berbagai olahan makanan, mulai dari tumis, pecel, karedok, bahkan jadi pendamping soto dan rawon.

Tapi pernahkah penasaran seperti apa jika membuat sendiri tauge atau kecambah di rumah? Ternyata bisa dipraktekkan lho. Ini dia caranya menumbuhkan kecambah sendiri di rumah.

1. Kacang hijau yang bagus

Tauge terbuat dari kacang hijau, untuk mendapatkan tauge yang berkualitas, pilih juga biji yang bagus. Seleksi dan buang kacang hijau yang keriput, berlubang, hitam dan lainnya. Rendam kacang hijau dengan air bersih dan buang yang mengapung.

2. Rendam kacang hijau semalaman

Cuci bersih kacang hijau dan buang air rendaman setelah menyeleksinya. Rendam dengan air selama semalaman untuk membuat kacang hijau aktif dan bisa tumbuh. Tandanya, kacang akan membesar dan empuk. Tiriskan setelah direndam semalam.

3. Tiriskan dan siram setiap hari

Tempatkan kacang hijau yang sudah mulai berkecambah di wadah saringan, di mana air bisa langsung terbuang ketika disiram ke kecambah. Jika kacang hijau yang mulai pecah dari kulitnya ini terendam air lagi, malah bisa busuk. Siram 3-5 kali sehari.

4. Taruh di tempet gelap

Setiap setelah disiram, taruh di tempat gelap, seperti di bawah meja atau lainnya, pastikan tidak terkena cahaya matahari atau tempat terlalu terang karena kacang hijau akan lama tumbuh dan jika tumbuh, warnanya merah sehingga tak berkualitas baik.

5. Panen setelah 4-5 hari

Setelah melakukan perawatan selama 3-4 hari, sebenarnya kecambah sudah mulai bisa dipanen. Cuci sebelum dimasak atau dijual.

Itu dia cara menanam dan menumbuhkan sendiri tauge atau kecambah di rumah. Patut dicoba dan tak perlu beli lagi di pasar. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menyimpan Cabai agar Awet dan Tidak Mudah Busuk
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dan Resep Olahan Ikan