Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengatasi Rasa Murung setelah Resepsi Pernikahan Usai

Fimela.com, Jakarta Tidak selera makan. Sulit tidur. Tak bersemangat melakukan apa pun dan cenderung murung. Resepsi pernikahan sudah usai dan akhirnya status sudah berubah menjadi istri orang yang kamu cinta, tapi kenapa kamu malah murung?

Rasa murung atau bahkan depresi setelah menikah dikenal sebagai post wedding depression. Perasaan macam ini pun dirasakan oleh banyak perempuan lain yang sudah menikah. Ada rasa lega akhirnya pernikahan telah selesai dilangsungkan, tapi entah kenapa ada awan kelabu yang kemudian menyelimuti diri. Cenderung makin murung dan melankolis. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya, seperti cara-cara berikut ini.

1. Lakukan Satu Hal Baru

Saat sibuk mempersiapkan pernikahan, kita punya satu target untuk dicapai, yaitu resepsi yang berjalan lancar. Begitu acara selesai, kita mungkin akan merasakan perasaan hampa. Bingung harus melakukan apa setelah memiliki status berbeda. Cobalah untuk melakukan satu hal baru. Melakukan sebuah hal yang belum pernah dicoba sebelumnya.

2. Mencari Teman Curhat yang Bisa Dipercaya

Carilah teman curhat yang bisa dipercaya. Kadang bisa mencurahkan hati dan perasaan sudah cukup memperbaiki suasna hati kita. Mungkin ada teman yang dulu juga pernah merasakan post wedding depression. Kita bisa meminta saran dan tips darinya untuk membantu memulihkan diri. Bahkan memiliki seseorang yang mau jadi pendengar yang baik saja sudah lebih dari cukup untuk membuat suasana hati kita lebih baik.

 

 

3. Luangkan Lebih Banyak Waktu Berdua dengan Suami

Sekarang sudah menikah, maka prioritas baru juga perlu disesuaikan dalam kehidupan berumah tangga. Luangkan lebih banyak waktu berdua dengan suami. Curahkan juga isi hati pada suami agar suami bisa mengerti apa yang sedang kita rasakan. Coba hal-hal baru untuk pertama kalinya sebagai suami istri.

4. Menikmati Waktu Sendiri

Beberapa bulan belakangan mungkin kamu disibukkan dengan berbagai hal dan urusan dengan banyak orang. Semua itu bisa membuatmu lelah secara fisik dan batin. Setelah semuanya usai, cobalah kali ini untuk merilekskan tubuh sejenak. Bersantai sejenak dan nikmati waktumu sendiri. Latihan meditasi, pergi ke salon, atau sekadar rebahan seharian di rumah bisa bantu tenangkan pikiranmu.

Bila kita merasa sangat kewalahan dengan perasaan murung dan tertekan, tak ada salahnya untuk mencari bantuan ke orang profesional, bisa ke psikolog atau psikiater. Selain itu, tetaplah berterima kasih pada dirimu sendiri yang sudah berhasil bertahan dan menyelenggarakan resepsi pernikahan yang berjalan lancar.

#GrowFearless with FIMELA

Loading