Sukses

Lifestyle

5 Tips Jaga Kesehatan untuk yang Hobi Rebahan Maraton Drama

Fimela.com, Jakarta Punya hobi rebahan dan menghabiskan waktu berjam-jam nonton drama seri? Lebih suka menghabiskan hari libur dengan bersantai rebahan menikmati drama kesukaan? Memang rasanya menyenangkan sekali saat bisa punya waktu rebahan dan bersantai. Hanya saja, jangan sampai kita jadi lupa pentingnya menjaga kesehatan tubuh ya.

Benar bahwa menikmati drama seri berjam-jam bisa bantu atasi stres karena bisa mengalihkan perhatian kita ke sesuatu yang lebih menyenangkan. Seharian di dalam rumah menikmati acara kesukaan bisa jadi penghapus pikiran yang penat. Namun, jangan lupa ada beberapa hal yang perlu kita ikuti agar kesehatan tetap terjaga.

1. Buat Batasan

Dilansir dari health.clevelandclinic.org, binge-watching atau menonton drama seri secara maraton bisa membuat otak mensekresi senyawa kimia yang dapat membuat kita merasa bahagia. Sehingga sulit untuk menghentikannya begitu saja. Di sini, kita perlu membuat batasan untuk diri sendiri. Berapa jam akan menonton dan berapa episode yang akan dihabiskan dalam satu waktu. Lalu, ikuti batasan tersebut supaya kita bisa mengontrol diri dengan lebih baik.

2. Ambil Jeda pada Setiap Episode

Setiap kali selesai menonton satu episode, ambil jeda untuk istirahat. Bisa dengan melakukan stretching, minum air putih, atau sekadar ke kamar mandi. Dengan mengambil jeda ini pun, kita akan terbantu untuk mempertimbangkan kembali perlu tidaknya langsung melanjutkan ke episode berikutnya. Di sela-sela waktu menikmati rebahan, selalu gerakkan tubuh untuk memperlancar aliran darahmu.

 

3. Lebih Selektif dalam Memilih Camilan

Nah ini mungkin yang paling sulit. Saat rebahan dan menonton seri favorit, sulit rasanya menahan hasrat ngemil. Kalau tidak mau berat badan tiba-tiba melonjak naik, kita perlu lebih berhati-hati dalam memilih camilan. Semua camilan yang terlalu manis atau asin sebaiknya dihindari. Bila mau menikmati makanan sambil nonton, batasi juga porsi makannya, ya.

4. Tidur Cukup

Sebaiknya tak perlu begadang demi menuntaskan sebuah seri drama. Memang adakalanya ini sulit dilakukan sebab saat sudah merasa nyaman dengan sebuah seri, rasanya ingin segera menuntaskannya sekaligus. Namun, ingatkan dirimu bahwa tubuhmu juga butuh istirahat. Penting untuk tetap mendapat tidur yang cukup. Setidaknya satu jam sebelum jadwal tidur, matikan semua gawai dan fokuslah untuk tidur.

5. Luangkan Waktu Mendapat Paparan Sinar Matahari

Saat sudah rebahan, kadang sulit sekali untuk bangun dari tempat tidur atau tempat kita bersantai. Namun, bila ingin kondisi tubuh tetap terjaga ada baiknya untuk mendapatkan paparan sinar matahari walau hanya beberapa menit saja. Paparan sinar matahari bisa membantu proses sekresi melatonin di malam hari lebih optimum. Melatonin adalah hormon yang aktif saat kita tidur. Hormon ini berguna untuk merilekskan badan, menurunkan suhu tubuh, dan mengistirahatkan tubuh. Selain itu, paparan sinar matahari dapat membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh sehingga bisa menjaga tubuh kita agar tidak gampang sakit. Mengimbanginya dengan berolahraga pun akan lebih baik lagi.

Kaum rebahan juga perlu tetap memperhatikan kondisi kesehatan, ya. Semoga tips-tips di atas bermanfaat untukmu.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading