Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengelola Keuangan Agar Bisa Menabung dengan Rutin

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, menabung merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Faktrornya ada banyak. Seperti gaya hidup yang terlalu tinggi melebihi jumlah pendapatan, atau manajemen keuangan yang kurang baik. 

Di awal tahun 2020 ini, banyak orang yang memiliki resolusi keuangan sehat, namun tidak tahu bagaimana cara memulainya. Berikut ini beberapa tips agar kamu bisa menabung dengan lebih mudah, tanpa memotong anggaran bulanan. 

1. Pengeluaran Tidak Lebih Besar dari Pendapatan 

Menyalahkan gaya hidup memang tidak adil, sepertinya. Dalih orang lain bisa memiliki gaya hidup milenial seperti minum kopi di cafe atau traveling ke luar negeri. Nongkrong di kafe atau traveling boleh-boleh saja, asal pengeluaran untuk gaya hidupmu tidak lebih dari pendapatan per bulan. 

2. Tingkatkan Pendapatan

Jangan jadikan gaji UMR sebagai alasan tidak bisa menabung. Sebenarnya berapa pun besar gajimu, kamu tetap bisa menabung, tinggal bagaimana cara mengaturnya saja. Namun, jika dirasa jumlah pendapatan kurang, kamu bisa meningkatkannya dengan banyak cara. Seperti meminta kenaikan gaji, menambah pendapatan dengan berbisnis, atau juga dengan bekerja sambilan di luar jam kerja kantor. 

3. Bayar Utang Kartu Kredit

Salah satu trik lainnya adalah dengan membayar penuh tagihan kartu kredit. Karena, jika hanya membayar minimal saja, kamu akan mendapatkan bunga dan harus dibayar di bulan selanjutnya. Ini akan menambah pengeluaranmu. Karena itu, pastikan membayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan penuh. 

4. Buka Tabungan Berjangka

Jika masih sulit untuk menabung, kamu bisa membuka tabungan berjangka. Tabungan ini sebenarnya mirip seperti tabungan biasa. Bedanya, bunganya cenderung lebih tinggi sedikit dari tabungan biasa. Selain itu, pihak bank akan menarik secara otomatis jumlah uang yang ingin kamu tabung dari tabungan biasa ke tabungan berjangka. Cara ini sangat baik untuk kamu yang kerap kali susah menyisihkan uang untuk ditabung. Selamat mencoba!

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Mengatur Keuangan di Tahun Tikus Logam
Artikel Selanjutnya
Ingin Keuangan yang Merdeka? Terapkan Kebiasaan Ini dalam Kehidupan