Sukses

Lifestyle

Suka Pamer Boarding Pass di Media Sosial? Segera Hentikan Kebiasaan Ini

Fimela.com, Jakarta Media sosial memang membuat banyak orang mengunggah apapun kegiatan mereka. Banyak unggahan di media sosial yang inspiratif, atau bahkan justru mencelakakan. Seperti salah satunya yang sering kita temukan ialah unggahan data pribadi seperti boarding pass.

Ternyata banyak hal yang dapat merugikan diri sendiri saat kita memamerkan boarding pass di media sosial. Seperti yang dilansir dari huffpost.com, ternyata boarding pass menyimpan banyak sekali informasi pribadi. Boarding pass dilengkapi dengan barcode yang memiliki informasi lengkap. Dan di zaman yang serba canggih seperti sekrang ini, scanner apapun dapat bekerja baik untuk membaca barcode. Bahkan kini, banyak aplikasi yang bisa kamu unduh pada ponsel untuk membaca data yang ada pada barcode tersebut.

Data yang terlihat saat barcode pada boarding pass dibaca dengan scanner adalah informasi seperti nama dan flight details. Selain itu, nomor penerbangan juga akan terlihat. Lebih spesifik lagi, alamat email, nomor ponsel, dan banyak data lainnya yang akan terungkap.

Pencurian data dengan barcode boarding pass

Jika semua data ini terbaca, maka kejahatan yang bisa terjadi adalah tindak kriminal seperti pencurian poin, hingga melakukan reservasi dan membatalkan reservasi menggunakan akun yang kamu miliki. Dan jika hacker tidak berhasil, maka mereka bisa melakukan cara lain dengan menghubungi nomor yang tersedia serta berupaya untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan untuk melancarkan aksinya.

Selain menghentikan kebiasaan untuk mengunggah boarding pass yang kamu miliki. Maka ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melindungi data yang ada pada boarding pass yang kamu miliki.

1. Gunakan boarding pass mobile

Untuk memproteksi barcode yang ada pada boarding pass, maka usahakan untuk menggunakan boarding pass dalam bentuk digital. Sehingga bentuk fisik tidak dengan mudah dicuri oleh orang lain.

2. Simpan dengan baik boarding pass yang dimiliki

Jika terpaksa harus memegang bentuk fisik, maka usahakan untuk menyimpan boarding pass sebaik mungkin. Lindungi barcode agar tidak dengan mudah difoto oleh orang lain yang dapat menggunakan data kamu dengan tidak bertanggung jawab. 

3. Jangan pernah mengunggah bording past pada media sosial

Coba lakukan pencarian #boardingpass. Sudah pasti kamu akan menemukan jutaan postingan yang diunggah oleh banyak orang. Hal ini tentu semakin mempermudah aksi kejahatan yang bisa kamu alami akibat kelalaian diri sendiri.

Dengan lebih cermat mengunggah materi di media sosial, maka kamu juga terselamatkan dari sejumlah aksi kejahatan yang mengintai.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tanda-Tanda Kamu Harus Beristirahat dari Media Sosial
Artikel Selanjutnya
4 Tips Membangun Lingkungan Media Sosial yang Aman