Sukses

Lifestyle

Jatuh Cinta Memang Indah, tapi Jangan Sampai Membuatmu Buta

Fimela.com, Jakarta Saat sudah jatuh cinta dengan seseorang, segalanya bisa tampak indah. Ya, saat sudah bisa bersama seseorang yang kita cintai, segalanya bisa terlihat berbunga-bunga. Hanya saja kita juga perlu berhati-hati agar tidak sampai dibutakan oleh cinta.

Jangan sampai kita terjebak dalam hubungan yang beracun atau toxic relationship. Waspadai beberapa tandanya. Bila kita menemukan tanda-tanda ini dalam hubungan kita, perlu pertimbangkan lagi dengan matang apakah masih perlu mempertahankannya atau melepasnya.

1. Pasanganmu Terlalu Mendominasi dan Membuatmu Tak Nyaman

Melansir Health.com, Andrea Bonior, PhD, penulis The Friendship Fix mengungkapkan bahwa salah satu tanda utama dari hubuangan yang beracun adalah saat salah satu pasangan sangat mendominasi. Kita pun jadi merasa tak nyaman hingga takut untuk mengungkapkan pendapat atau menyuarakan isi hati kita. Kita selalu dihantui rasa takut saat bersamanya.

2. Selalu Salah Paham

Pertengkaran dalam sebuah hubungan memang bisa mendewasakan. Namun, jika yang terjadi adalah selalu muncul salah paham, maka itu justru tidak sehat. Sue Kolod, PhD, psikoanalis di New York City seperti yang dilansir dari rd.com mengungkapkan bahwa komunikasi buruk yang tak bisa membaik itu beracun. Kenapa? Sebab tanpa komunikasi yang baik, sebuah hubungan akan makin sulit dipertahankan untuk ke depannya.

3. Pasanganmu Sering Mendiamkan atau Mengabaikanmu

Setiap kali ada masalah, pasanganmu cenderung mendiamkan atau mengabaikanmu. Bukannya mendiskusikan masalah yang ada dan mencari jalan keluarnya, dia malah menjadikanmu seolah sebagai penyebab semua masalah yang ada. Jika hal ini sering terjadi atau mungkin selalu terjadi, sebaiknya segera ambil jarak karena ini adalah pola yang negatif.

4. Ada Kekerasan

Melansir lifehack.org, dalam hubungan yang beracun, rentan terjadinya kekerasan, baik kekerasan psikologis, emosi, fisik, maupun seksual. Adanya tindak kekerasan dalam hubungan perlu segera diwaspadai. Bila sudah muncul indikasi tindak kekerasan, ada baiknya untuk segera menghentikan hubungan atau mencari bantuan. Kebahagiaanmu dan hidupmu lebih berharga dari apa pun.

Jatuh cinta memang indah, tapi jangan sampai kita dibutakan olehnya. Semoga kita bisa menemukan pasangan yang tepat dan menjalin hubungan yang dapat berlangsung hingga akhir hayat, ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Fimela Lady Boss: Keluar dari Toxic Relationship Bukanlah Hal yang Mustahil
Artikel Selanjutnya
Pernah Alami Toxic Relationship, Bisma Sm*sh Tuangkan dalam Karya