Sukses

Lifestyle

3 Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda

ringkasan

  • Susun Anggaran Belanja denga Bijak
  • Miliki Tujuan Keuangan
  • Rutin Menabung

Fimela.com, Jakarta Pernikahan adalah komitmen jangka panjang. Maka memersiapkan segalanya sangat penting. Salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan adalah masalah keuangan. Jangan sampai salah mengatur strategi membuatmu bertengkar dengan pasangan.

Tahu tidak jika masalah terbesar dalam pernikahan adalah tentang keuangan. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, maka masalah yang terlihat sepele ini dapat menyebabkan masalah besar selanjutnya.

Kesalahan dalam mengatur keuangan di awal pernikahan dapat membahayakan rumah tangga kalian di masa depan. Nah, berikut ini adalah tips mengatur keuangan bagi pasangan muda yang baru menikah.

Susun Anggaran Belanja denga Bijak

Saat masih single, mungkin kamu cukup mengatur keperluan pribadimu. Namun setelah menikah, kebutuhan yang harus dipenuhi pun semakin banyak. Jadi susunlah anggaran belanjamu dengan bijak.

Menyusun anggaran belanja secara rutin akan memudahkanmu dalam mengatur keuanganmu. Caranya, mulai mendaftar rencana belanja bulanan, kebutuhan bulanan rutin, seperti listrik, air, internet, dan lain-lain. Jangan lupa pula mendaftar apa saja cicilan utang yang harus dibayar setiap bulan. Cara ini akan membantumu untuk benar-benat mengetahui kebutuhanmu.

Miliki Tujuan Keuangan

Dengan memiliki tujuan keuangan maka akan memudahkanmu dan pasangan untuk mengatur keuangan. Mulailah untuk membuat tujuan keuangan dan pilih instrumen investasi yang tepat dan sesuai untukmu. Tujuan keuangan lain yang tak kalah penting adalah memulai mengumpulkan dana pensiun. Produk investasi pun bisa kamu pilih dan sesuaikan.

Rutin Menabung

Sebagai pasangan muda yang belum memiliki anak, tentu pengeluaran belum seberapa banyak. Saatnya menabung untuk keperluan dana darurat. Setelah menikah, kebutuhan dana darurat paling tidak sebanyak 6 kali nilai pengeluaran rutin bulanan.

Selalu rutin menabung secara rutin. Sisihkan minimal 10-20 persen penghasilan untuk tabungan setiap bulannya.

Dengan komitmen yang tinggi maka kamu dan pasangan akan berhasil mengatur keuangan. Keep fighting, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Salah Pilih, Berikut Tips Memilih KPR yang Tepat
Artikel Selanjutnya
Beli atau Sewa Rumah? Pertimbangkan Hal Ini