Sukses

Lifestyle

Tips Mengelola Keuangan Anak Kos

Fimela.com, Jakarta Tinggal di luar kota tanpa adanya saudara yang dapat menjadi tujuan, membuat sebagian orang memilih tinggal di kos-kosan. Ngekos dilakukan sebagian besar orang baik itu mahasiswa atau pekerja. Tentunya tiap kos memiliki tarif yang berbeda-beda pada tiap bulannya, tergantung fasilitas dan kondisi kos.

Hidup menjadi anak kos membuatmu terkadang merasakan hidup yang lebih hemat. Mengatur keuangan supaya tetap bisa mencukupi kebutuhan lainnya. Tak jarang juga menemui sebagian anak kos yang setiap akhir bulannya mengalami kesulitan dalam masalah keuangan.

Menahan diri kadang diabaikan oleh mereka yang cenderung lebih suka hedon. Padahal masih ada kebutuhan untuk hari esok. Nah berikut ini beberapa tips bagaimana cara mengelola keuangan anak kos dengan bijak.

Jangan Tunda Membayar Kos

Jika Sahabat Fimela sudah gajian atau bagi yang mahasiswa sudah mendapatkan uang bulanan dari orang tua, alangkah baiknya untuk segera membayarkan uang kos. Hal ini untuk menghindari uang untuk membayar kos habis digunakan keperluan lainnya. Membuatmu harus menumpuk tagihan kos.

Mencatat dan Belanja Kebutuhan untuk 1 Bulan

Catat kebutuhanmu untuk satu bulan. Usahakan untuk melakukan belanja kebutahan untuk satu bulan. Ini akan membantumu menghemat, daripada harus membeli kebutuhan berkali-kali. Jika berbelanja pilih toko yang menyediakan kebutuhan dengan harga yang sangat miring.

Menabung

Sisihkan sebagian uang untuk menabung. Menabung tidak harus dengan nominal yang besar. Buatlah celengan yang tertutup rapat supaya tidak membuatmu mengambilnya dengan mudah. Celengan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendadak misalnya, kamu mengalami sakit dan harus berobat.

Memasak Sendiri

Jika kos yang ditinggali memiliki fasilitas dapur, alangkah baiknya untuk memasak sendiri untuk makan sehari-hari. Masaklah nasi sendiri, dan memasak, masakan sederhana. Ini akan membantu meminimalisir pengeluaranmu untuk membeli makan. Mungkin saja 1x makan kita mengeluarkan biaya Rp 10.000, jika makan sehari 3x maka salam sehari mengeluarkan uang Rp 30.000 untuk makan. Jika memasak sendiri mungkin akan lebih murah dengan uang Rp 10.000 sudah dapat memasak untuk makan sehari.

Cuci Baju Sendiri

Meskipun banyak di sekitar kosa membuka jasa laundry ada baiknya untuk mencuci bajumu sendiri. Biaya yang dikeluarkan untuk laundry dapat alokasikan untuk membeli detergen yang dapat digunakan beberapa kali cuci.

Membawa Uang Pas saat Hendak Belanja

Jika hendak belanja jangan terlalu banyak membawa uang tunai. Siapkan uang sesuai kebutuhan. Uang yangyang berlebihan akan membuatmu lebih tidak terkontrol untuk membeli seseuatu

Menahan diri untuk melakukan gaya hidup konsumtif memang perlu dilakukan, terlebih jika Sahabat Fimela menajdi anak kos. Jangan lupa bahwa masih ada hari esok yang harus di penuhi. Sesekali meikmati jalan-jalan boleh, namun tetap berhati-hati dalam mengelola keuangan. Jika salah langkah maka akan menyulitkan dirimu sendiri..

#GrowFearless With FIMELA

Loading