Sukses

Lifestyle

Bangun Persahabatan yang Lebih Baik dengan 7 Cara Mencintai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Pernahkah sahabatmu tiba-tiba membatalkan rencana yang sudah direncanakan beberapa hari sebelumnya? sehingga itu membuat kamu merasa sedih dan merasa buruk sebagai seorang teman. Tapi kamu tidak perlu merasa buruk, sebab kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mencintai diri sendiri dengan "me time" daripada memilih pergi keluar dengan sahabat-sahabatmu sehingga kamu bisa beristirahat sejenak dari aktivitas dan mengumpulkan kembali energi dan semangat kamu. Meskipun itu membantu kamu merasa lebih baik, mencintai diri sendiri juga dapat meningkatkan kualitas persahabatan.

Mencintai diri sendiri berarti kamu membangun kembali energi dalam diri kamu. Sehingga energi itu dapat diinvestasikan kembali dalam segala hal mulai dari pekerjaan dan hobi, hingga persahabatan dan hubungan. Persahabatan dapat membantu kamu mencintai diri sendiri dengan baik, tetapi mencintai diri sendiri juga perlu menjadi komponen aktif dari persahabatan kamu. Dilansir dari bustle.com kamu bisa mengikuti 7 strategi mencintai diri sendiri di bawah ini untuk membantu kamu menemukan versi terbaik dari dirimu dan memperlakukan lingkaran persahabatanmu dengan lebih baik.

1. Minta Bantuan

Meminta bantuan adalah salah satu hal yang mungkin saja menakutkan bagi beberapa orang, karena mereka seringkali tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan saat mereka meminta bantuan, sehingga saat membutuhkan bantuan mereka tidak akan mengatakannya. Contoh kecilnya saat kamu curhat dengan seorang teman lalu kamu menangis, yang kamu harapkan temanmu akan memberikan saran kepadamu. Tapi alih-alih memberikan saran, kamu justru diminta untuk berhenti menangis. Untuk membuat hubungan itu lebih baik, mengapa tidak kamu coba untuk meminta bantuan kepada temanmu daripada harus takut untuk mengatakannya?

2. Beri Perhatian

Menumbuhkan perhatian dalam dirimu dapat meningkatkan kesehatan mental kamu dan membuat kamu tetap terhubung dengan keinginan dan kebutuhan kamu sendiri. Memberikan perhatian terhadap teman bukan hanya karena kamu menyukainya saja melainkan juga menjadikan kamu lebih mengerti apa artinya persahabatan. Ini adalah salah satu bagian penting dalam mencintai diri sendiri.

3. Dermawan

Memberi bisa menjadi tindakan mencintai diri sendiri. Namun pastikan itu bukan satu-satunya hal yang kamu lakukan untuk menjadikan persahabatan lebih bermakna. Terkadang, mencintai diri sendiri juga berarti pergi ke rumah teman dengan membawa sup atau buah ketika mereka sakit misalnya. Hal ini juga akan membantu mengatur pola dalam persahabatan kamu dari memberi sambil membangun harapan bahwa kamu juga layak mendapatkan hal-hal baik dari teman-temanmu.

4. Jalani hidupmu sendiri

Sangat wajar bila kamu ingin menjalani hidupmu sendiri dan mempertahankan batasan apa pun yang kamu butuhkan. Bersikap tegas tentang batasan kamu sendiri adalah tindakan mencintai diri sendiri yang hebat, karena membantu kamu melindungi waktu, energi, fisik serta emosional kamu. Pastikan batas-batas ini dapat dihormati dalam lingkaran pertemananmu, ini adalah kunci untuk memastikan hubungan tidak hancur dan berantakan setelah diisi dengan kebencian karena kamu tidak memiliki cukup waktu untuk diluangkan bersama teman-temanmu.

5. Ajukan Pertanyaan kepada Diri Sendiri

Pernahkah kamu bertanya pada diri sendiri apakah sudah saatnya untuk membuat perubahan karier yang kamu impikan, atau melakukan perjalanan yang selalu kamu janjikan pada diri sendiri. Mengajukan pertanyaan sulit adalah salah satu hal yang kamu bisa kamu lakukan. Saat kamu sudah bisa mencintai diri sendiri dengan baik, kamu akan menyadari bahwa persahabatan tidak akan sama seperti dulu.

Kamu bisa saja terpisah setelah kuliah atau bekerja di tempat yang berbeda dengan teman-temanmu. Lalu apakah kamu akan bertanya tentang apa yang akan kamu dapatkan dari pertemanan ini? Pertanyaan ini akan membantu memastikan kamu dapat melindungi dirimu sendiri, waktu, dan emosionalmu. Lihat apakah lingkaran pertemananmu sepadan dengan waktu dan energi kamu, jika iya maka pertemanan itu pasti akan semakin kuat karena kamu tahu persis apa yang kamu butuhkan dan harapkan.

6. Mengatur waktu

Mengetahui dengan cukup pasti dan konsisten apa yang akan kamu lakukan dari hari ke hari adalah strategi untuk menyelesaikan semua pekerjaan kamu dengan efektif. Atur waktumu sehingga kamu juga punya cukup waktu untuk tetap berkumpul bersama teman-teman. Jadwal koordinasi antara kamu dan teman-temanmu mungkin sering membuatmu frustrasi, tetapi jika waktu itu tidak mengganggu aktivitasmu dan teman-temanmu juga merasa bebas untuk berkumpul di waktu tersebut bukankah lebih menyenangkan. Tidak ada yang dikorbankan, bukan?

7. Bersikaplah egois

Menjadi egois tidak selalu merupakan hal yang buruk. Contohnya ketika mementingkan diri sendiri berarti kamu menegaskan apa yang kamu butuhkan dan itu tidak membuat kamu menjadi teman yang buruk. Jika kamu adalah tipe orang yang selalu memprioritaskan orang lain, terkadang kamu butuh sejenak memikirkan tentang dirimu, apakah itu baik untukmu atau tidak.

Itulah 7 strategi mencintai diri sendiri yang bisa kamu lakukan. Mencintai diri sendiri juga merupakan unsur utama untuk menjadi teman yang solid, karena hubungan dengan diri sendiri adalah persahabatan pertama untukmu.

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Dirimu Sudah Terlalu Lama Sendiri Tapi Juga Semakin Dewasa
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Penting Berteman Dulu dengan Seorang Pria Sebelum Menikahinya