Sukses

Lifestyle

Cara Mengetahui Buah Apel Masih Layak Makan atau Tidak

Fimela.com, Jakarta Meski tampak seperti buah yang tahan lama meski diletakkan di suhu ruangan, namun apel juga memiliki waktu kedaluwarsa yang sebaiknya diperhatikan. Sebagai makanan segar dan mentah, tentu apel memiliki waktu maksimal layak makan.

Tapi bagaimana caranya menandai bahwa apel masih layak makan atau tidak? Perhatikan sekian ciri-ciri berikut ini.

1. Kulit keriput

Apel sudah mulai tak layak makan jika kulitnya mulai keriput. Ini tanda apel sudah terlalu lama dibiarkan di suhu ruangan sehingga kehilangan kandungan air dan kesegarannya.

2. Muncul titik cokelat atau kehitaman

Banyaknya mikroorganisme di sekitar apel pasti perlahan akan menumbuhkan jamur dan mempengaruhi daging buah apel. Ketika buah apel ditumpuk begitu saja, dibiarkan disimpan di dalam kresek atau plastik, biasanya akan lembap dan memeprcepat apel busuk.

3. Berubah warna

Apel yang sudah terlalu lama biasanya juga akan berubah warna, misalnya pada apel hijau yang kemudian berubah kekuningan. Meski tampilannya masih bagus, namun ini tanda apel sudah tidak segar.

4. Rasa yang aneh

Beberapa apel yang terlalu lama akan kehilangan rasa manisnya dan berubah jadi hambar sehingga tak enak dimakan. Apel yang terlalu lama disimpan di tempat berbau juga akan mengalami perubahan rasa.

5. Perubahan tektur

Bukan hanya menjadi benyek, apel yang tak segar juga bisa mengalami kisut dan tekturnya jadi lebih liat dan kering karena kandungan airnya berkurang.

Itu dia sekian tanda apel sudah terlalu lama disimpan dan kurang layak dimakan.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading