Sukses

Lifestyle

3 Jenis Keluhan dan Hanya 2 di Antaranya yang Baik Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Keluhan sering diartikan sebagai hal yang negatif. Padahal ada banyak jenis keluhan yang dilakukan untuk hal-hal positif, seperti mengekspresikan emosi.

Menurut New York Times yang dilansir dari purewow.com, Jumat (14/2/2020), berikut ini adalah beberapa jenis keluhan dan jenis terbaik untuk dilakukan. Sebisa mungkin ajukan keluhan yang sehat dan cari tahu perbedaannya di sini.

1. Venter

Jenis keluhan ini memungkinkan kamu mengakui perasaan yang terpendam dan menyuarakan kekesalan karena pengalaman tertentu. Keluhan ini dapat membantumu mengartikulasikan reaksi dirimu sendiri terhadap suatu peristiwa.

Bagaimanapun, menekan emosi negatif dapat berdampak pada kesehatan, sehingga untuk mengurangi stres, ini adalah jenis keluhan yang baik. Mengajukan keluhan dan mendapatkan umpan balik yang baik dari orang lain akan membantumu untuk merasa lebih baik.

 

2. Problem solver

Jenis keluhan ini memiliki tujuan untuk membuat diri sendiri merasa lebih baik. Fokusnya adalah menyusun strategi untuk menemukan solusi agar dapat memperbaiki situasi atau paling tidak dapat membantu memastikan hal yang sama tidak terulang lagi.

Keluhan ini bisa ditindaklanjuti daripada sekedar kata- kata. Sebenarnya, ini bukan jenis keluhan terbaik karena ada hasil yang diharapkan secara langsung.

3. Dweller

Jenis keluhan yang satu ini dianggap tidak baik untuk jiwa. Usahakan untuk selalu kembali pada pertanyaan seperti apa tujuanmu menyuarakan keluhan? Jika keluhan tersebut hanya akan menimbulkan keluhan lainnya di masa mendatang, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu, karena dampaknya bisa terjadi dalam jangka panjang, tidak hanya pada kesehatan, namun juga kemampuanmu untuk membangun hubungan.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading