Sukses

Lifestyle

5 Tips Berkomunikasi dengan Pasangan Introver

Fimela.com, Jakarta Punya pasangan introver sementara kita sendiri adalah seorang ekstrover, maka cara berkomunikasi yang baik perlu dijalin dengan saling menerima perbedaan yang ada. Jika pasanganmu seorang introver, ia cenderung menyimpan energi dan antusiasme di dalam diri mereka sendiri dan hanya membaginya dengan orang-orang yang mereka kenal dengan baik.

Melansir buku The Introvert Advantage karya Marti Olsen Laney, Psy.D., kaum introver memerlukan waktu untuk berpikir sebelum merespons sesuatu. Memerlukan waktu untuk merenung sebelum bereaksi terhadap kejadian di dunia luar. Bila pasanganmu seorang introver, ia lebih memilih berkomunikasi empat mata. Untuk berkomunikasi yang lebih baik dengannya, ada sejumlah tips yang bisa dicoba.

1. Jangan Menyela

Kaum introver membutuhkan banyak energi untuk melanjutkan pembicaraan. Dengarkan pasanganmu sampai dia selesai bicara, baru kita bisa mengutarakan pikiran dan perasaan kita padanya. Sebaiknya, atur pertemuan untuk membicarakan cara menjalin hubungan dengan lebih baik. Dengan begini, pasangan kita bisa punya waktu untuk mempersiapkan dirinya.

2. Duduklah dengan Tenang

Saat pasanganmu berada di dekatmu, cobalah untuk duduk dengan tenang. Pasangan kita mungkin kehabisan tenaga, tapi tetap ingin berbagai waktu bersama kita. Saat berbicara atau mengobrol, ulangi apa yang telah kita dengar darinya sehingga ktia dapat meyakinkan pasangan bahwa kita benar-benar mendengarkannya dengan baik.

3. Beri Kesempatan Padanya untuk Bicara

Seorang introver umumnya adalah pendengar yang baik. Meskipun begitu, kita tetap perlu memastikan memberi kesempatan padanya untuk bicara. Bisa dimulai dengan menanyakan bagaimana hari yang dialaminya. Terkadang ia butuh dibujuk untuk berbicara.

4. Berkomunikasi dalam Bentuk Tulisan

Kaum introver mampu menerima bentuk tulisan tanpa merasa mendapat terlalu banyak stimulus. Berkomunikasi dalam bentuk tulisan bisa dilakukan untuk memberi warna baru dalam hubungan. Misalnya, tinggalkan kartu ucapan di tempat-tempat yang mudah dilihat olehnya atau taruh catatan romantis di dalam tasnya.

5. Gunakan Komunikasi Nonverbal

Pada saat-saat tertentu, pasanganmu akan kesulitan mengumpulkan cukup banyak energi untuk berbicara atau mengutarakan perasaan. Hargai dan terima gayanya dalam berkomunikasi tersebut. Kita bisa memaksimalkan komunikasi nonverbal, seperti berpeganan tangan atau berpelukan saat dibutuhkan.

Membangun komunikasi yang efektif sangat penting dalam membangun hubungan yang harmonis dan langgeng. Semoga tips-tips di atas membantumu membangun cara berkomunikasi yang lebih baik dengan pasangan tercintamu, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading