Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Jengkol Goreng yang Tidak Bau, Simak Tipsnya

Fimela.com, Jakarta Jengkol bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan lezat. Mulai dari semur jengkol, jengkol balado, hingga yang paling mudah adalah jengkol goreng. Saat membuat jengkol goreng, kadang permasalahannya adalah bau yang masih menempel.

Untuk membuat jengkol goreng yang tidak bau, ada tips mudah yang bisa dicoba. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

Rendam Jengkol dengan Air Cucian Beras

Jengkol yang akan digoreng perlu direndam dengan air cucian beras terlebih dahulu. Untuk 250 gram jengkol, bisa gunakan 1 gelas air cucian beras untuk merendamnya. Setelah direndam semalaman, jengkol dicuci bersih dan dikupas kulitnya. Tiriskan terlebih dahulu.

 

Rebus Jengkol dengan Air Cucian Beras dan Bawang Putih

Siapkan air cucian beras baru. Didihkan air cucian beras dengan garam dan bawang putih geprek. Masukkan jengkol. Rebus sampai empuk. Setelah direbus, jengkol digeprek satu per satu lalu dicuci bersih.

Goreng Jengkol dengan Menambahkan Irisan Bawang

Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng jengkol sampai setengah matang, lalu masukkan irisan bawang merah dan bawang putih. Lanjutkan proses penggorengan sampai matang. Dengan cara ini, jengkol goreng bisa memiliki tekstur garing bagian luarnya tapi tetap legit bagian dalamnya.

Jengkol goreng bisa ditaburi garam saat masih panas. Dinikmati dengan nasi putih hangat dan sambal terasi pun sudah lezat. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Loading