Sukses

Lifestyle

10 Bunga Ini Bisa Dimakan dan Punya Manfaat Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Selama ini bunga diketahui sebagai benda yang dapat dinikmati keindahan dan kecantikannya, terlebih lagi jika memiliki bau yang harum. Secara alami, menghirup aroma harum bunga memang mampu membantu melepaskan stres, tapi pasti tak banyak yang tahu bahwa beberap bunga ternyata juga bisa dimakan.

Beberapa bunga bukan hanya bisa dijadikan hiasan ruangan atau acara-acara penting tapi juga bisa dinikmati sebagai makanan. Ini sekian bunga yang bisa dimakan dan memiliki manfaat kesehatan.

1. Bunga labu

Jika punya tanaman labu, bunganya yang kuning orange ternyata bisa dimakan. Bunga labu punya antioksidan tinggi dan biasanya diolah dengan cara digoreng balut tepung.

2. Bunga mawar

Bunga mawar memiliki harum yang khas dan ketika dikunyah memang tidak seenak makan makanan pada umumnya, namun bisa dijadikan campuran salad. Penelitian bahkan menyebut minum teh mawar bisa meringankan sakit tenggorokan.

3. Bunga anyelir

Bunga anyelir biasanya digunakan untuk garnis atau hiasan makanan. Dengan warnanya yang bervariasi, anyelir lebih sering digunakan dalam berbagai makanan apalagi tidak perlu dimasak, cukup ditaburkan di atas makanan atau dijadikan campuran salad segar.

4. Bunga sepatu

Bunga sepatu memiliki banyak asam organik yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi jika dikonsumsi sebagai teh herbal. Cukup diseduh dan diminum dengan rasa asam.

5. Bunga dandelion

Bunga dandelion mungkin jarang ditemui di Indonesia namun ternyata bisa dijadikan garnis makanan dan dimakan begitu saja. Penelitian membuktikan dandelion kaya antioksidan yang mampu mengendalikan kadar gula darah.

6. Lavender

Bunga lavender dikenal dengan aromanya yang harum dan berfungsi sebagai aromaterapi karena mampu melepaskan stres. tapi ternyata lavender juga bisa dimakan. Penelitian menyebutkan teh lavender mampu meredakan kecemasan dan melancarkan pencernaan.

7. Bunga kertas krokot

Tanaman krokot dan bunganya juga bisa dimakan, jika tanamannya bisa direbus dan dijadikan lalapan, bunganya bisa jadi hiasan makanan atau campuran salad.

8. Bunga pansy

Dengan warnanya yang cantik, bunga pansy sering dijadikan hiasan makanan. Bunga ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas.

9. Bunga chamomile

Bunga chamomile umumnya dikeringkan dan dijadikan teh. Minum teh chamomile mampu membantu melepaskan stres dan meredakan sakit kepala.

10. Bunga sedap malam

Bunga yang harum ini juga bisa dikeringkan dan direbus untuk dicampurkan ke dalam sup. Bunga sedap malam bisa mengurangi bau amis bahan makanan yang dimasak sekaligus mengandung serat yang tinggi.

Itu dia sekian bunga yang bisa dikonsumsi dan ternyata punya manfaat untuk tubuh. Jadi jangan heran jika menemukan beberapa makanan yang disajikan dengan hiasan bunga-bunga di atas, karena ternyata itu bisa dimakan.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Penelitian Membuktikan, Ini Manfaat Mandi Air Es untuk Tubuh
Artikel Selanjutnya
Studi Membuktikan, Dirimu Lebih Cerdas Jika Punya Tubuh Tinggi