Sukses

Lifestyle

Cegah Nyeri Haid yang Menyiksa, Coba 4 Tips Ini

Fimela.com, Jakarta Nyeri haid yang menyiksa memang sangat mengganggu aktivitas kita. Suasana hati kita pun ikut berantakan. Benar-benar tidak nyaman.

Melansir essence.com, menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists, lebih dari separuh perempuan mengalami nyeri haid selama satu atau dua hari setiap bulannya. Di antara kita mungkin mengalami yang lebih parah dan menyiksa dari itu. Untuk mencegah nyeri haid yang menyiksa, ada beberapa tips yang bisa kita coba.

1. Kurangi Makanan yang Asin dan Berlemak

Menjelang haid atau saat sedang haid, sebisa mungkin kurangi makanan yang asin dan berlemak. Makanan asin bisa meningkatkan retensi cairan dalam tubuh dan menyebabkan perut kembung. Sementara makanan berlemak bisa meningkatkan produksi prostaglandin yang dapat menyebabkan rahim berkontraksi. Jadi, untuk menghindari nyeri haid parah, hindari konsumsi makanan asin dan berlemak yang berlebihan.

2. Tetap Rutin Olahraga

Olahraga yang rutin dapat bantu cegah nyeri haid. Sekalipun rasanya malas dan tidak berenergi untuk menggerakkan tubuh, kita tetap perlu melakukan olahraga. Olahraga ringan sekadar jalan kaki bisa dilakukan. Yoga atau pilates juga bisa jadi pilihan yang tepat.

 

3. Tidur Nyenyak dan Cukup

Kurang tidur bisa menyebabkan stres. Stres akan membuat produksi kortisol meningkat. Ketidakseimbangan hormon ini kemudian bisa menyebabkan nyeri haid parah. Untuk itu, mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup sangatlah penting.

4. Batasi Konsumsi Kafein

Kopi, minuman bersoda, dan minuman berkafein yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengurangi aliran darah ke rahim. Kurangnya aliran darah ini dapat menyebabkan nyeri haid yang menyiksa. Sebaiknya asupan kafein dikurangi jelang haid atau saat sedang haid. Atau untuk lebih amannya, ganti dengan cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih.

Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan nyeri haid yang menyiksa. Kandungan nikotinnya dapat mempersempit pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah kurang lancar.

Semoga info di atas membantumu mencegah nyeri haid yang menyiksa setiap bulannya, ya.

#ChangeMaker

Loading