Sukses

Lifestyle

5 Tips Cegah Perut Kembung saat Haid

Fimela.com, Jakarta Saat haid, biasanya tubuh akan terasa sakit semua. Selain perut yang nyeri, kadang perut pun terasa sangat kembung saat haid. Perut kembung saat haid jelas sangat mengganggu.

Untuk mencegah perut kembung saat haid, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Walau mungkin agak sulit untuk benar-benar mencegah perut kembung saat haid, setidaknya cara-cara berikut ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman karena perut kembung. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Melansir 14 Ways To Reduce Bloating During Your Period via bustle.com, mengurangi konsumsi karbohidrat dapat bantu cegah perut kembung saat haid. Hal ini karena karbohidrat bisa menahan air. Untuk itu, sebisa mungkin kurangi konsumsi roti, nasih, dan semua bahan makanan yang mengandung tepung untuk cegah perut kembung saat haid.

2. Kurangi Asupan Garam

Kandungan garam yang tinggi dalam tubuh juga bisa menyebabkan perut kembung. Hal ini karena ketika kita mengonsumsi banyak garam, tubuh kita akan bereaksi dengan menahan banyak air untuk cegah dehidrasi. Mengurangi asupan garam jelang haid bisa bantu cegah perut kembung saat haid.

 

3. Konsumsi Makanan Tinggi Kalium

Kalium dapat membantu cairan dalam tubuh bisa terjaga dengan baik. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium seperti pisang, tomat, ubi jalar, dan asparagus untuk cegah perut kembung.

4. Minum Cukup Air Putih

Ya, mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangatlah penting untuk cegah perut kembung. Sebab bila tubuh kekurangan cairan, tubuh justru akan bereaksi dengan menahan lebih banyak air dalam tubuh dan membuat sistem dalam tubuh tidak berjalan normal.

5. Lakukan Olahraga untuk Memperlancar Aliran Darah

Olahraga diyakini sebagai salah satu cara efektif atasi gejala PMS. Olahraga pun bisa jadi cara efektif untuk cegah perut kembung. Dengano olahraga, aliran darah bisa lebih lancar sehingga dapat mencegah terjadinya perut kembung. Olahraga ringan seperti jalan kaki cukup bisa membantu cegah perut kembung saat haid.

Itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa dicoba untuk cegah perut kembung saat haid. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

;
Loading