Sukses

Lifestyle

Merasa Kesepian dalam Pernikahan, Apa yang Salah?

Fimela.com, Jakarta Seseorang yang sudah menikah ternyata masih bisa merasa kesepian. Mungkin kesannya agak aneh, ya. Sudah ada pasangan, seharusnya bisa melakukan banyak hal bersama dan tidak lagi merasa eksepian. Namun, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang merasa kesepian dalam pernikahan.

Kesepian merupakan masalah umum yang dialami oleh jutaan orang di berbagai belahan dunia. Melansir momjunction.com dalam artikel 6 Devastating Causes Of Loneliness In Marriage And Ways To Deal With It, kesepian dalam pernikahan terjadi saat kita dan pasangan berada dalam satu tempat tapi tidak bisa saling terhubung satu sama lain. Kita dan pasangan merasa canggung berduaan. Tak ada kedekatan fisik atau batin.

Penyebab kesepian dalam pernikahan bisa karena sejumlah faktor. Seperti karena beberapa hal berikut ini.

1. Jadwal yang Sangat Padat

Terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan atau keluarga masing-masing kadang membuat kita kesulitan meluangkan waktu untuk pasangan. Jadwal yang terlalu sibuk dan padat bisa menciptakan jarak yang makin jauh dengan pasangan. Jika tidak ada komunikasi yang lebih terbuka dan kompromi kuat satu sama lain, jadwal yang sibuk merenggangkan hubungan dan menciptakan kesepian.

2. Keintiman Fisik yang Makin Berkurang

Ada kaitannya juga dengan keharmonisan kehidupan seksual pasangan suami istri. Keintiman dan sentuhan fisik yang makin berkurang bisa menyebabkan rasa kesepian di antara pasangan. Perlahan-lahan makin menjauh dan menjadi orang asing.

 

3. Kurangnya Dukungan Emosional

Kita baru saja mengalami hari yang berat. Namun, pasangan kita sama sekali tak menunjukkan niatnya untuk membantu kita mengatasi hari yang berat itu. Kurangnya dukungan emosional bisa membuat kita merasa sendiri. Melakukan banyak hal sendiri tanpa ada dukungan atau bantuan dari orang terdekat kita, maka rasa kesepian bisa menyusup dalam hari-hari kita.

4. Sikap Masa Bodoh

Tak ada rasa peduli. Saling abai dengan perasaan dan kebutuhan masing-masing. Sikap cuek dan masa bodoh ini bisa menciptakan hubungan yang terasa makin renggang dan jauh. Memiliki pasangan yang ternyata tak pernah mempedulikan dan memperhatikan kita, maka yang terasa adalah perasaan kesepian seorang diri.

Ketika merasa kesepian dalam pernikahan, sebaiknya segera bicarakan dengan pasangan. Cari dan temukan solusi terbaiknya untuk bisa menjalani pernikahan yang lebih baik dan harmonis ke depannya.

#ChangeMaker

;
Loading