Sukses

Lifestyle

4 Jenis Gula Ini Sering Digunakan dalam Resep Kue dan Makanan

ringkasan

  • Gula putih
  • Gula kastor
  • Gula halus

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali jenis gula yang dijual di pasar dengan berbagai macam kegunaannya. Namun hanya beberapa gula saja yang sering digunakan sebagai bahan membuat kue. Ini sekian jenis gula yang perlu diketahui untuk membuat kue.

1. Gula pasir

Gula pasir umumnya bertekstur kasar dan berpasir sekaligus paling fleksibel dalam berbagai keperluan. Terbuat dari tebu, gula pasir sangat umum digunakan untuk semua keperluan memasak, membuat minuman dan membuat kue atau baking.

2. Gula halus

Dikenal juga sebagai gula bubuk, icing sugar atau powdered sugar, gula ini lebih halus dan lembut seperti tepung. Terbuat dari gula pasir yang dihaluskan, umumnya gula halus digunakan untuk taburan kue dan roti, membuat frosting atau topping gula padat untuk cupcake dan berbagai kue, serta pengganti gula pasir karena lebih mudah larut.

3. Gula kastor

Gula kastor terksturnya lebih kasar dan berbutir. Biasanya digunakan untuk taburan biskuis atau cookies karena tahan panas sehingga tidak leleh jika dipanggang. Umumnya berwarna putih kekuningan tapi terkadang juga dijual dalam berbagai warna.

4. Gula merah

Gula merah lebih umum digunakan untuk kue-kue tradisional. Bisa dicairkan sebagai gula cair, bisa juga dijadikan isian atau campurran kue. Namun ada juga yang menambahkan gula merah ke dalam resep kue modern untuk menambah aroma sedap dan gurih.

Itu dia sekian jenis gula yang paling sering digunakan untuk berbagai macam kue dan makanan. Jadi jangan heran jika resep tertentu menggunakan gula tertentu karena kemungkinan fungsinya juga berbeda.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading