Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Gula Halus agar Tidak Memadat dan Menggumpal

Fimela.com, Jakarta Jika membeli gula halus dan sering menyimpannya dalam waktu lama, biasanya gula akan menggumpal atau memadat karena terkena udara. Tapi bukan berarti gula halus ini harus dibuang karena tidak bisa dipakai lagi.

Gula halus selama tidak berubah bau dan rasa meskipun menggumpal masih tetap bisa digunakan lagi. Tapi jika tak ingin gula halus sampai menggumpal, cara menyimpannya juga perlu trik, ini dia yang bisa dilakukan.

1. Menambah beras ke dalam wadah

Karena beras bersifat menyerap lembap, tambahkan satu sendok makan saja ke dalam wadah penyimpanan gula halus. Gula halus butuh lingkungan penyimpanan yang kering jadi biji-bijian seperti beras bisa digunakan. Biji lain yang bisa digunakan adalah jagung popcorn mentah.

2. Pilih wadah kedap udara

Setelah membuka pembungkusnya, pindahkan ke dalam wadah kedap udara. Simpan di tempat kering dan sejuk namun tidak terlalu panas maupun dingin.

3. Aduk secara berkala

Karena gula halus rentan menggumpal jika dibiarkan terlalu lama dalam kondisi diam, aduk-aduk sesekali ketika sempat. Letakkan wadahnya di tempat yang mudah terlihat dan dekat dengan wadah bahan lain yang biasa digunakan seperti gula pasir dan garam.

Itu dia sekian cara menyimpan gula halus yang bisa diterapkan jika suka menggunakan gula halus di rumah. Semoga bermanfaat.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading