Sukses

Lifestyle

Ini Kegunaan Daun Pandan dalam Berbagai Masakan

Fimela.com, Jakarta Pandan merupakan salah satu tumbuhan yang diambil daunnya untuk digunakan dalam berbagai olahan masakan. Namun apa saja sebenarnya kegunaan daun pandan dalam berbagai masakan? Bagi yang belum tahu, ternyata daun pandan bisa memiliki sekian fungsi berikut ini dalam masakan.

1. Penambah aroma harum

Fungsi utama daun pandan yang pasti juga sudah banyak diketahui adalah sebagai penambah aroma wangi atau harum pada masakan, terutama olahan makanan manis seperti bubur, kolak, dan wedang. Daun pandan cukup disimpul sambil sedikit diremas kemudian dimasukkan ke dalam masakan, seperti misalnya rebusan gula merah atau santan.

2. Bungkus makanan

Pada beberapa olahan makanan ada yang menjadikan daun pandan sebagai bungkus makanan seperti misalnya ayam goreng Thailand, kue bacang, kue lepet, kue bugis atau membuat kue perahu. Bisa juga digoreng bersama makanan seperti pada ayam tangkap khas Aceh.

3. Pewarna makanan

Jika pandan wangi digunakan untuk mengharumkan makanan, jenis pandan suji digunakan untuk diambil sarinya sebagai pewarna hijau alami. Meski zaman sekarang lebih mudah menggunakan pewarna makanan kemasan, namun peran daun pandan suji masih sangat penting dalam memberi warna yang cantik pada kue tradisional seperti klepon, dadar gulung dan lainnya. Cukup ditumbuk atau diblender halus dengan air secukupnya dan disaring.

4. Menghilangkan bau amis telur

Beberapa kue memiliki cita rasa wangi yang berbeda jika menambahkan daun pandan. Beberapa kue yang menggunakan telur akan mengurangi atau menghilangkan bau amis jika menambahkan daun pandan. Harumnya yang segar dan cenderung manis membuat kue dengan daun pandan lebih bisa dinikmati.

5. Menghilangkan bau apek

Daun pandan wangi juga berfungsi menghilangkan bau apek atau tak enak pada beras yang akan dimasak menjadi nasi atau tepung beras yang akan dibuat bubur sumsum. Banyak juga yang menambahkan pandan untuk menghilangkan bau apek pada beras ketan yang ditanak.

6. Penghias makanan

Untuk mempercantik makanan, daun pandan juga sering digunakan karena aman meski digunakan dalam kondisi segar. Getahnya tidak berbahaya dan bahkan bisa menambah aroma wangi meski hanya jadi penghias makanan.

Jadi tidak ada salahnya menanam pandan di rumah jika Sahabat Fimela hobi memasak, karena ternyata kegunaannya banyak sekali.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading