Sukses

Lifestyle

Saat Masalah Datang Silih Berganti, Ingatlah Ada Hal-Hal yang Memang di Luar Kendali Kita

Fimela.com, Jakarta Andai kita tak dilahirkan ke dunia, mungkin kita tak akan pernah mengenal dan mengetahui penderitaan hidup. Jika saja kita tak pernah hidup, kita mungkin tak akan pernah merasakan kesulitan dan cobaan hidup. Namun, itu di luar kendali kita. Kenyataannya kita diberi sebuah kehidupan, lengkap dengan semua kompleksitas yang ada.

Masalah dan cobaan merupakan bagian dari hidup kita. Ada fase di mana kita dihadapkan pada situasi masalah yang terus datang silih berganti. Saat satu masalah selesai, masalah lainnya muncul. Ketika ada satu perkara yang baru saja beres, muncul perkara baru yang bikin kepala pusing. Hidup terus berputar, tapi kadang berputarnya di tempat yang sama sehingga ada saat-saat kita seperti mengalami penderitaan panjang pada fase tertentu.

Kita Hanyalah Manusia Biasa

Pada kenyataannya kita memang hanya manusia biasa. Tidak semua hal dalam kendali kita. Ada hal-hal yang memang berada di luar kendali kita. Ada hal-hal yang terjadi di luar keinginan dan kehendak kita. Memang akan terasa berat saat berbagai masalah datang silih berganti. Bila hal ini terjadi, izinkan saja diri kita untuk menangis dan bersedih. Izinkan diri untuk meluapkan semua kesedihan untuk membuat langkah kita ke depannya bisa lebih ringan.

Train yourself to let go of the things you have no control over. Instead of trying to make problems disappear, take control of how to handle stress when you face those problems. This will naturally point you in a better direction. (lifehack.org)

Bukan Kita Pemegang Kendali Semuanya

Ada kekuatan yang lebih besar yang mengendalikan semuanya. Memang ada sejumlah hal yang bisa kita atasi dan tangani sendiri. Namun, ada juga hal-hal yang sama sekali di luar jangkauan kita. Itu adalah realita yang mau tak mau harus kita terima. Kita perlu menerima hal itu. Supaya ke depannya kita bisa lebih mudah menata dan mengendalikan diri kita.

Selalu Ada Kekuatan Baru yang Kita Peroleh

Yakin saja bahwa di setiap masalah yang ada, akan selalu ada kekuatan baru yang akan kita terima. Ibarat untuk naik kelas, selalu ada ujian harus kita lewati terlebih dahulu. Masalah yang datang silih berganti merupakan ujian-ujian yang perlu kita selesaikan supaya bisa naik ke tingkat yang lebih tinggi. Menjadi pribadi yang lebih tegar dan kuat lagi ke depannya.

Semoga apa pun kesulitan dan masalah yang kita hadapi saat ini bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih dewasa. Semoga setelah semua badai yang menghantam, akan ada pelangi-pelangi baru yang bisa kita nikmati keindahannya. Kita memang manusia biasa, tapi kita bisa mengusahakan diri menjadi manusia yang luar biasa.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading