Sukses

Lifestyle

Manfaat Besar dari Sarapan untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Apa yang telah kita makan dan minum setelah bangun tidur telah terbukti berdampak besar pada kinerja, suasana hati dan tingkat energi sepanjang hari. Apa yang kita makan dan minum setelah bangun telah terbukti berdampak besar pada kinerja kognitif, suasana hati, dan tingkat energi sepanjang hari. Penelitian baru-baru ini menunjukkan sarapan memberikan peran yang lebih besar dalam kesehatan secara keseluruhan.

Ada beberapa manfaat yang didapat saat seseorang melakukan sarapan di pagi hari. Berikut ini beberapa manfaat dari sarapan di pagi hari untuk kesehatan.

Metabolisme Lebih Aktif

Para peneliti menemukan bahwa metabolisme manusia lebih aktif setelah makan pagi. Sarapan rendah kalori cenderung lebih menyebabkan ngemil sepanjang hari. Selain itu juga mereka yang makan pagi dengan porsi kecil cenderung makan lebih banyak saat makan malam. Insulin orang dapat membantu mengubah makanan menjadi energi, serta meningkatkan glukosa dalam darah yang digunakan untuk energi.

Melewatkan Sarapan Membuatmu Ingin Selalu Makan

Menurut penelitian, melewatkan masa sarapan adalah praktik diet umum yang dicoba oleh banyak orang yang berharap bisa menurunkan berat badan. Tetapi penelitian lain mengungkapkan bahwa orang-orang yang makan lebih sedikit untuk sarapan sering kali lebih banyak ngemil dan makan berlebih di kemudian hari. Ini juga menyebabkan makan berlebih pada jam makan siang.

Sarapan Berguna untuk Memenuhi Nutrisi Harian

Seorang kepala Yale Medicine Bariatric & Minimalally Invasive Surgery, merekomendasikan untuk makan lebih banyak di awal hari terutama bagi yang ingin menurunkan berat badan. Seperti yang ditunjukkan dalam penelitian, laju metabolisme kita melambat di malam hari, membuatnya lebih berfungsi bagi tubuh untuk mencerna makanan dan membakar kalori.

Memengaruhi Ritme Sirkadian

Pada dasarnya tubuh perlu memproduksi lebih sedikit insulin untuk mengontrol kadar glukosa darah setelah makan. Orang-orang lebih aktif secara fisik pada pagi hari dan siang hari serta aktivitas fisik membantu mengelola kadar insulin dan glukosa darah.Sebaiknya perbanyak makan saat sarapan dan kurangi makan saat malam hari.

Peneliti baru menemukan bahwa orang yang sarapan besar dapat membakar kalori dua kali lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang melakukan makan malam dengan porsi besar.

#Changemaker

;
Loading