Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Daun Pandan agar Tetap Wangi dan Segar

Fimela.com, Jakarta Daun padan banyak dipergunakan dalam berbagai masakan dan akan lebih baik jika digunakan dalam keadaan masih segar. Bukan hanya wanginya masih lebih kuat tapi juga lebih kuat memberi cita rasa pada makanan.

Karena diambil dalam keadaan segar tentu daun pandan tak akan bertahan lama. Jika dibiarkan beberapa jam sudah layu dan wanginya pasti akan berkurang bahkan tak bisa lagi digunakan. Tapi jika ingin membelinya dalam jumlah banyak dan berencana menyimpannya di rumah agar bisa digunakan sewaktu-waktu, ini yang bisa dilakukan.

1. Bungkus plastik dan simpan di kulkas

Cara pertama adalah membungkus daun pandan dengan plastik agar tidak langsung terkena udara dan sinar matahari yang mampu menguapkan wanginya. Setelah dibungkus di dalam plastik, masukkan ke kulkas. Namun cara ini tetap tak bisa memertahankan kesegaran pandan dalam waktu lama. Maksimal hanya selama 3 hari.

2. Diambil sarinya

Cara kedua lebih bisa lebih tahan lama, yaitu dihancurkan dan diambil sarinya. Daun pandan yang masih segar dicuci bersih, dibuang ujungnya dan dipotong-potong. Kemudian blender dengan air matang lalu saring dan dimpan ekstrak daun pandan dalam wadah tertutup. Simpan di dalam freezer agar lebih tahan lama dan keluarkan saat dibutuhkan.

Meski begitu, tetap cek dulu aroma dan rasanya sebelum menggunakan sari pandan jika sudah disimpan terlalu lama misalnya satu bulan lebih di dalam freezer sebelum menggunakannya untuk kue atau makanan lainnya ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading