Sukses

Lifestyle

5 Tips bagi Introver agar Lebih Nyaman dalam Berkomunikasi

ringkasan

  • Luangkan Waktu Khusus untuk Bicara
  • Tuliskan
  • Duduklah di Acara Sosial

Fimela.com, Jakarta Seorang introver kadang tampak begitu misterius. Bahkan ada yang mengira seorang introver adalah sosok pemalu dan tertutup. Padahal seorang introver bisa jadi pendengar yang baik dan orang yang nyaman untuk diajak mengobrol. Meski memang ia selalu butuh waktu sendiri dan bisa merasa gampang capek berada di acara-acara sosial.

Berkomunikasi atau bersosialisasi bisa terasa masih cukup melelahkan bagi seorang introver. Namun, bukan berarti seorang introver tak bisa berkomunikasi dengan nyaman. Melansir fractalenlightenment.com, ada beberapa tips mudah yang bisa dicoba agar bisa berkomunikasi dengan nyaman bagi introver. Langsung saja simak di sini.

1. Luangkan Waktu Khusus untuk Bicara

Bersama seseorang di tempat yang ramai dengan banyak orang bisa terasa begitu melelahkan bagi introver. Cobalah untuk meluangkan waktu khusus bicara. Misalnya, ngobrol sambil minum teh atau minum kopi di kafe. Jauhkan dari berbagai macam gangguan. Simpan ponsel dan jauhkan hal-hal yang sekiranya mengganggu percakapan.

2. Tuliskan

Tak perlu memaksakan diri merespons segala sesuatu yang serba cepat dengan bicara. Kita bisa menggunakan tulisan atau menuliskan hal-hal penting yang ingin kita sampaikan. Jika bicara langsung masih terasa sulit dan berat, cobalah untuk mengalihkannya ke media tulisan. Bisa melalui pesan teks, surel, atau memo.

3. Duduklah di Acara Sosial

Ketika berada di acara sosial atau kumpul-kumpul, kadang muncul perasaan tegang atau tidak nyaman dikelilingi banyak orang. Jika berdiri membuat kita merasa gugup atau cemas, cobalah untuk duduk. Duduklah dengan nyaman dan nikmati waktumu senyaman mungkin. Biasanya kita akan lebih rileks bila bisa menemukan atau bertemu dengan seseorang yang kita kenal.

4. Jadilah Penanya

Basa-basi memang kurang disukai seorang introver. Meskipun begitu, ada baiknya untuk menjadi penanya dalam sebuah obrolan. Maksudnya, cobalah untuk menjadi orang pertama yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Bukan sekadar bereaksi atau merespons perkataan orang lain. Dengan menjadi penanya, kita bisa lebih mudah menjadi pengendali keadaan.

5. Luangkan Waktu untuk Menyendiri

Seorang introver selalu mengisi ulang energinya dengan cara menyendiri. Meluangkan waktu untuk diri sendiri merupakan salah satu cara ampuh untuk mengisi energi tubuh. Saat sudah merasa kelelahan dalam bersosialisasi atau berhubungan dengan banyak orang, cobalah luangkan waktu untuk menyendiri. Dengan begini, nantinya kita bisa mendapat energi baru dan cukup untuk membangun komunikasi yang baru.

Semoga tips-tips di atas bisa memudahkanmu dan membantumu dalam berkomunikasi sehari-hari, ya. Selalu ada cara yang bisa kita coba untuk membangun komunikasi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Ciri Kamu Memiliki Usus yang Tidak Sehat dan Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menciptakan Obrolan yang Nyaman dengan Kenalan Baru