Sukses

Lifestyle

5 Kreasi Sambal Pete yang Sedapnya Tiada Tara

ringkasan

  • Sambal Bajak Pete
  • Sambal Tempe Pete
  • Sambal Teri Pete

Fimela.com, Jakarta Di Indonesia, kreasi sambal memang tak ada habisnya. Mulai dari sambal tomat, sambal bawang, sambal terasi, sambal matah, dan berbagai jenis sambal lainnya. Bahkan pete pun bisa diolah dengan menjadi sambal pete yang sedap.

Untuk membuat sambal pete yang sangat sedap, ada sejumlah kreasi yang bisa dicoba. Jika di antara kita ada yang sangat doyan pete, membuat sendiri sambal pete akan jadi kenikmatan tiada tara. Berikut beberapa kreasi sambal pete yang bisa kita buat di rumah.

1. Sambal Bajak Pete

Goreng cabai, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi sebentar, lalu ulek atau blender sampai halus. Panaskan sedikit minyak bekas menggoreng cabai. Tumis sambal sampai aromanya harum, lalu tambahkan gula dan garam. Masak sambil sesekali diaduk sampai sambal tak berair, lalu masukkan petai goreng. Aduk rata sampai bumbu sambal agak meresap, angkat dan sajikan.

2. Sambal Tempe Pete

Goreng tempe, angkat dan tiriskan. Ulek bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabai, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan potongan tempe, oseng sebentar. Masukkan pete, tambah garam dan gula secukupnya. Tambah sedikit air bila perlu, masak hingga bumbu meresap.

3. Sambal Teri Pete

Ulek bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, tomat, dan daun jeruk. Panaskan minyak, goreng petai sebentar, tiriskan. Cuci teri hingga bersih dan goreng sebentar, tiriskan. Tumis sambal hingga wangi, masukkan petai dan teri. Masak sambal hingga matang. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Aduk rata.

4. Sambal Bawang Pete

Ulek bawang merah, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah. Beri sedikit air. Tumis bawang merah iris sampai harum. Masukkan bumbu ulek. Masak sampai cabai matang. Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata. Masukkan pete. Aduk rata sampai pete layu. Angkat dan sajikan.

5. Sambal Ijo Pete

Haluskan atau ulek cabai rawit hijau, cabai hijau besar, dan bawang putih. Tumis hingga harum. Masukkan irisan tomat, bumbui dengan garam dan lada bubuk. Koreksi rasa. Terakhir, masukkan pete. Masak sebentar hingga pete agak layu. Matikan api, sambal ijo pete siap dinikmati.

Bagaimana? Kreasi sambal pete mana nih yang jadi favoritmu? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

;
Loading