Sukses

Lifestyle

Langkah Sederhana untuk Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Salah satu kebiasaan sehari-hari yang paling buruk dan umum terjadi adalah untuk terus-menerus membandingkan hidupmu dengan kehidupan orang lain. Baik membandingkan aset keuangan, rumah, popularitas dan masih banyak lagi. Hal ini hanya akan menghancurkan harga dirimu dan menciptkan beban dalam dirimu. Nah, berikut ini beberapa langkah untuk berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Belajar Mencintai Diri Sendiri

Kamu adalah dirimu yang seharusnya. Tidak pernah ada orang lain yang sama persis denganmu dan tidak seorang pun di masa depan akan pernah sepertimu. Dirimu adalah sosok yang istimewa sesuai dengan dirimu dengan segala kemampuan, kepercayaan, dan minatmu untuk membentuk pribadi sejati dan unik. Jangan buang waktumu untuk iri dengan orang lain atau pemikiran bagaimana dirimu harus lebih seperti mereka. Fokuslah pada dirimu dan terus tumbuh sebagai pribadi yang baik.

Membandingkan Diri Hanya Membuatmu Menjadi Orang Lain

Daripada membandingkan diri sendiri dengan orang lain, sebaiknya perbaiki dirimu sendiri. Sadarilah seberapa banyak dirimu telah tumbuh, lihatlah daftar pencapaianmu dan cobalah ukur kemajuan yang telah membuatmu mencapai impian. Dirimu perlu mengembangkan kebiasaan bersyukur, menghargai, dan memahami diri sendiri ketika dirimu mencatat seberapa jauh dirimu telah mencapai hal itu.

Beristirahat Sejenak dari Media Sosial

Setiap hari kita dibombardir dengan postingan individu yang seolah-olah hidup mereka selalu lebih baik daripada dirimu baik di Facebook, Twitter, atau Instagram. Kadang tanpa disadari kita sering membandingkan momen terburuk kita sendiri dengan sorotan orang lain. Media sosial terkadang bisa menjadi sumber kegembiraan dan inspirasi. Tetapi ketika itu membuat keraguan diri, frustasi dan ketidakcukupan sebaiknya beristirahatlah sejenak untuk menggunakan media sosial.

Fokus pada Hal-hal Penting

Ketika dirimu memusatkan perhatianmu pada dunia nyata, dirimu menghindari untuk membuang-buang waktu dan energi dengan kegiatan yang tidak berarti, seperti membandingkan diri dengan orang lain. Arahkan perhatianmu untuk berolahraga seperti gym atau menyelesaikan buku yang telah tertunda. Libatkan dirimu dalam kegiatan yang berguna untukmu. Buatlah daftar hal-hal yang mungkin ingin dirimu lakukan.

Berbahagia untuk orang Lain

Akhirnya untuk mengalahkan pengaruh toxic dari rasa iri, cobalah berbahagia untuk orang lain. Daripada membandingkan diri dengan mereka, bergembiralah karena mereka, karena mereka memiliki saat-saat bahagia dalam hidup mereka. Rayakan prestasi mereka dengan ucapan selamat atas pekerjaan mereka.

Tentukan Visi yang Jelas

Semakin baik dirimu tahu kemana tujuanmu, semakin mudah untuk berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain. Dirimu akan bahagia untuk kesuksesan mereka sambil mengingat dirimu tentang hal besar berikutnya yang dirimu rencanakan untuk mencapai tujuanmu.

Yang terpenting adalah sikap, pola pikir, dan tujuan akhir yang perlu dipikirkan. Raihlah apa yang telah dirimu rencanakan, jangan membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini hanya dapat menajdikanmu lemah untuk meraih tujuan.

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tips Agar Sistem Pencernaan Lancar dan Sehat
Artikel Selanjutnya
Tips agar Sup Ayam Lebih Gurih dan Sedap, Tambahkan Bahan Ini