Sukses

Lifestyle

Tips untuk Memilih Nanas yang Matang Sempurna

Fimela.com, Jakarta Memilih nanas yang sudah matang saat di supermarket atau pasar tradisional menjadi kesulitan bagi sebagian orang. Tidak seperti buah-buah lainnya, ada banyak hal yang perlu diperiksa di luar warna dan tampilan dari nanas. Bahkan untuk memastikan bahwa dirimu mrndapatkan buah nanas yang baik harus perhatikan tekstur, bau dan berat buah. Berikut ini beberapa tips sederhana untuk membantumu memilih nanas yang sudah matang sempurna.

Periksa Warnanya

Saat berbelanja di pasar tradisional, pastikan untuk mencari nanas yang memiliki daun hijau cerah dan sehat, yang dianggap sebagai tanda kesegaran dari nanas. Idealnya luar dari nanas harus memiliki warna kuning kehijauan, yang dapat menunjukkan bahwa nanas sepenuhnya matang. Ini karena nanas perlahan berubah dari hijau menjadi kuning saat mereka matang. Namun, dalam beberapa kasus nanas yang berwarna hijau mungkin sudah matang, karena penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain di luar warna saat memilih nanas.

Memeriksa Tekstur

Sama seperti buah-buah lainnya, tekstur nanas bisa membantumu menentukan apakah buah nanas sudah matang sepenuhnya. Nanas yang sudah matangs seharusnya memiliki kulit yang keras tetapi agak lunak pada buahnya. Nanas yang benar-benar padat atau keras ketika dipijat mungkin tidak sepenuhnya matang.

Mencium Aromanya

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah nanas sudah matang dan siap dinikmati adalah dengan mencium aromanya. Nanas yang sudah matang biasanya memiliki aroma manis di bagian bawah, tepat di pangkal buah. Jika nanas tidak memiliki bau, bisa jadi nanas tidak matang sepenuhnya. Di sisi lain, bau yang menyengat atau pahit sering menunjukkan bahwa nanas mungkin terlalu matang.

Nilai Beratnya

Memeriksa berat nanas, bisa menjadi strategi yang efekif untuk membantu mengukur kematangan. Cari nanas yang terasa berat untuk ukurannya. Dalam banyak kasus, nanas yang berat adalah tanda bahwa itu memiliki kandungan air yang banyak dan tentunya menandakan nanas lebih manis dan lebih enak.

Tarik Daunnya

Cara mudah untuk mengetahui apakah nanas sudah matang adalah dengan menarik perlahan daunnya, yang merupakan daun besar yang menonjol dari atas nanas. Menurut bebrapa orang, daun harus mudah dicabut jika nanas sudah matang dan siap dinikmati. Daun yang sulit ditarik mungkin meupakan tanda bahwa nanas belum matang sempurna.

Meski memilih nanas yang segar dan matang di toko bisa jadi hal penting, mengetahui beberapa strategi dapat membantumu menemukan nanas yang sudah matang. Berikut tadi beberapa tips sederhana yang mungkin dapat membantumu dalam memilih buah nanas saat hendak membelinya.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading