Sukses

Lifestyle

Tips Membuat Nasi Kebuli yang Gurih dan Tidak Prengus di Rumah

Fimela.com, Jakarta Ketika ada daging kambing di rumah, boleh memasak nasi kebuli sendiri di rumah. Nasi kebuli merupakan salah satu kuliner yang memiliki pengaruh citarasa Arab dengan penggunaan banyak bumbu. Tidak harus membelinya di luar karena nasi kebuli bisa dibuat sendiri di rumah, dan jika ingin nasi kebuli yang enak, ini dia tips yang bisa diterapkan.

1. Gunakan minyak samin

Satu komponen yang membuat nasi kebuli berbeda dari masakan lainnya adalah adanya tambahan minyak samin. Minyak yang dijual dalam kaleng dan berbentuk padat seperti krim ini memiliki aroma sedap yang khas. Inilah yang membuat nasi kebuli lebih gurih dan nikmat.

2. Jangan pelit rempah

Penggunaan rempah pada nasi kebuli memang cenderung banyak, akan lebih baik jika tidak pelit rempah dan mengikuti takaran bumbu yang sudah dibuat pada resep terpercaya. Seperti misalnya bumbu khas yang harus adalah kapulaga, pala dan cengkeh. Selain bumbu halus berupa bawang putih, merah, merica, ketumbar, jinten dan jahe. Penggunaan banyak bumbu juga berfungsi menghilangkan bau daging kambing.

3. Merebus daging sebelum dimasak dengan bumbu

Sebelum dimasak bersama bumbu, apalagi beras, pastikan merebus dagingnya dulu untuk menghilangkan kotoran, darah dan baunya. Jangan memasak daging mentah langsung dengan bumbu dan berasnya. Merebusnya juga perlu menggunakan rempah seperti daun salam dan serai. Setelah direbus, potong-potong dan pukul-pukul agar empuk.

4. Masak daging bumbu dengan beras

Setelah daging kambing direbus, baru dimasak dengan bumbu agar lebih meresap bumbunya ke dalam daging dan baunya hilang. Barulah daging bersama bumbunya bisa dimasak dengan beras yang sudah dicuci bersih. Bisa menggunakan rice cooker untuk memasaknya agar lebih mudah.

Itu dia tips sekaligus cara membuat nasi kebuli yang gurih dan enaknya nendang. Siap mencobanya di rumah?

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading