Sukses

Lifestyle

Tips Membangun Hubungan dengan Rekan Kerja

Fimela.com, Jakarta Membentuk persahabatan di tempat kerja dapat membuat pekerjaan apa pun lebih memuaskan dan produktif. Biasanya hubungan pertemanan di tempat kerja bisa bertahan lama. Namun, selain memiliki banyak manfaat berteman dengan teman kerja, mungkin ada juga potensi jebakan untuk tumbuh terlalu dekat dengan teman kerja. Misalnya termasuk hubungan yang erat dapat dianggap sebagai gosip di tempat kerja. Berikut ini beberapa tips untuk membangun hubungan dengan teman kerja.

Menetapkan Batasan

Salah satu landasan persahabatan adalah kemampuan untuk mengungkapkan informasi pribadi dan membangun kepercayaan. Sangat penting untuk membuat perjanjian dengan teman kerja tentang menjaga informasi pribadi ini tetap pribadi dan di luar tempat kerja. Hindari diskusi mendalam tentang masalah pribadi di kantor, dan jaga agar percakapan tetap profesional. Ini akan membantu mengelompokkan hubunganmu dengan kolega di siang hari dan sebagai orang kepercayaan di luar jam kerja.

Bersikap Inklusif

Ingatlah ini bukan tempat kuliah, jadi jangan bersikap seperti remaja. Jadilah kolegial dengan semua orang di tim Anda. Tidak hanya ini akan membantu menghindari kebencian, itu juga akan bekerja untuk menghilangkan kecurigaan bahwa dirimu dan temanmu sedang bergosip tentang rekan kerja di belakang mereka.

Bersikap Profesional

Sesekali mungkin bisa berbagi tawa dengan rekan kerja, tetapi pertahankan tindakan dan percakapanmu saat di tempat kerja. Jangan menggunakan nama panggilan atau mendiskusikan apapun tentang masalah pribadi yang mungkin mempermalukanmu atau rekan kerjamu.

Jangan Memberi Perlakuan Istimewa

Jika dirimu telah ditunjuk untuk mengelola tim, perlakukan teman-temanmu secara rata. Berikan tugas yang sama dengan orang lain, hindari memberi perlakuan istimewa pada teman dekatmu. Berikan tingkat penghormatan yang sama dengan orang lain ketika memberikan kritik. Lakukan semua sama dengan orang lain untuk menghindari kecemburuan.

Pisahkan Masalah Pribadi dengan Pekerjaan

Mungkin beberapa pertemanan akan berakhir. Apakah dirimu beselisih dengan teman kerja atau seolah-olah hubungan itu tidak lagi saling menguntungkan. Jangan biarkan hal ini memengaruhi pekerjaanmu. Bersikap sopan dan profesional. Pertengkaran dengan rekan kerja merefleksikan dirimu dengan buruk dan menunjukkan kepada manajer bahwa dirimu tidak dapat menangani situasi sulit.

Memiliki teman di tempat kerja dapat membuat perbedaan dalam caramu mendekati pekerjaan. Persahabatan di tempat kerja meningkatkan kepositifan dan produktivitas, serta dapat mengubah hubungan yang lebih baik. Selama dirimu melanjutkan hubungan dengan hati-hati dan selalu ingat untuk menjadi profesional.

#Changemaker

;
Loading