Sukses

Lifestyle

Tips untuk Menyembuhkan Patah Hati

Fimela.com, Jakarta Heartbreak atau patah hati adalah pengalaman umum yang datang dengan kesedihan dan tekanan emosional yang intens. Banyak orang yang mengasosiasikan patah hati dengan berakhirnya hubungan romantis pada setiap orang. Menyembuhkan patah hati memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi ada beberpa hal yang dapat dilakukan untuk mendukung diri sendiri melalui proses penyembuhan dan melindungi kesejahteraan emosional.

Memberi Waktu untuk Bersedih

Hal baik yang dapat dilakukan saat mengalami patah hati adalah memberi diri izin untuk merasakan semua kesedihan, kemarahan, kesepian, dan rasa bersalah. Dengan melakukan itu secara tidak sadar memberikan orang-orang di sekitarmu untuk merasakan kesedihannya sendiri. Mungkin juga akan menemukan seseorang yang memiliki rasa sakit yang sama dan dapat berbagi cerita dengannya.

Jaga Dirimu

Ketika seseorang mengalamai patah hati, sangat mudah baginya melupakan untuk mengurus kebutuhan pribadinya. Tetapi bersedih bukan hanya pengalaman emosional, tetapi juga membuat lelah secara fisik. Penelitian menunjukkan bahwa rasa sakit fisik dan emosional berjalan di jalur yang sama di otak. Lakukan napas dalam, meditasi, dan olahraga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengehmat energi. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Berusaha makan dan tetap terhidrasi mungkin sudah cukup.

Ceritakan Masalahmu pada Orang Terdekat

Semua orang mengatasi kehilangan dengan caranya sendiri. Namun, sangat disarankan untuk menceritakan masalah kepada orang terdekat. Ini akan memungkinkan seseorang yang ingin mendukung untuk membantu dan membuat hidupmu lebih bersemangat. Cobalah untuk duduk dan buat daftar kebutuhanmu, termasuk kebutuhan untuk dukungan nyata dan emosional. Beberapa hal dapat dilakukan misalnya dengan belanja bahan makanan, berkebun atau mungkin berbicara melalui telepon dengan seorang sahabatmu.

Melakukan Kegiatan di Luar Rumah

Penelitian menemukan bahwa menghabiskan hanya 2 jam dalam seminggu di luar rumah dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Terlebih jika jalan-jalan ke luar rumah dan melihat pemandangan yang indah itu adalah ide yang bagus. Tetapi jika tidak jalan-jalan biasa di sekitar lingkungan juga masih dapat membantu.

Membaca Buku dan Dengarkan Podcast

Membaca buku dapat dilakukan untuk mengalihkan perasaa patah hati. Pilih buku yang mungkin diminati, atau mungkin dapat menyelesaikan buku yang sempat tertunda sembari mendengarkan podcast favoritmu.

Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Sisihkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang positif, entah itu penjualan, bertemu dengan teman dekat atau menonton pertunjukan yang membuatmu tertawa. Menjadwalkan di saat-saat yang membawamu pada kegembiraan sangat penting untuk menyembuhkan patah hati.

Membangun Kebiasaan

Setelah memberimu ruang untuk bersedih dan mengurus kebutuhan, mulailah mencari cara untuk menciptakan rutinitas dan kebiasaan baru yang dapat membantu terus memroses kehilangan.

Terhubung dengan Dirimu Sendiri

Mengalami kehilangan atau perubahan besar dapat membuatmu merasa sedikit tidak yakin pada diri sendiri. Dirimu dapat melakukan ini dengan menghubungkan ke tubuhmu melalui latihan, menghabiskan waktu di alam, atau menghubungkan dengan keyakinan spiritual dan filosofi dirimu.

Merasa tidak baik-baik saja tidak apa-apa, namun jangan berlarut terlalu lama. Cobalah untuk menerima kenyataan baru dan pahami bahwa kesedihanmu akan membutuhkan waktu untuk pulih kebali.

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Membuat Smoothie yang Bikin Awet Kenyang, Simak Satu Tips Ini
Artikel Selanjutnya
Cek Tandanya, 7 Hal Ini Prediksi Hubunganmu Bertahan Selamanya!