Sukses

Lifestyle

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Minyak kelapa salah satu produk yang banyak dipasarkan dan dibutuhkan. Kombinasi unik asam lemak dalam minyak kelapa dapat memiliki efek positif pada kesehatan seseorang. Misalnya seperti meningkatkan kehilangan lemak, kesehatan jantung dan fungsi otak. Berikut ini beberapa manfaat dari minyak kelapa untuk kesehatan.

Mengandung Asam Lemak Sehat

Minyak kelapa mengandung tinggi lemak jenuh tertentu. Lemak ini memiliki efek yang berbeda dalam tubuh dibandingkan dengan kebanyakan lemak makanan lainnya. Asam lemak dalam minyak kelapa dapat mendorong tubuh untuk membakar lemak dan akan memberikan energi cepat ke tubuh dan otak. Mereka juga dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam darah yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

Sebagian besar lemak makanan dikategorikan sebagai trigliserida rantai panjang (LCT), sedangkan minyak kelapa mengandung beberapa trigliserida rantai mencegah (MCT), yang merupakan rantai asam lemak lebih pendek. Ketika seseorang mengonsumsi MCT, biasanya langsung menuju hati. Tubuh menggunakannya sebagai sumber energi cepat atau mengubahnya menjadi keton. Keton dapat memiliki manfaat kuat untuk otak. Para peneliti mempelajari keton sebagai pengobatakan epilepsi, penyakit alzheimer dan kondisi lainnya. Minyak kelapa kaya akan MCT, jenis lemak yang dimetabolisme oleh tubuh secara berbeda dari kebanyakan lemak lainnya. MCT bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan dari minyak kelapa.

Mendorong Pembakaran Lemak

Obesitas adalah salah astu kondisi kesehatan terbesar yang memengaruhi dunia saat ini. Sementara beberapa orang berpikir obesitas hanya salah satu beberapa banyak kalori yang dimakan seseorang. Makanan yang berbeda memengaruhi tubuh dan hormon dengan cara yang berbeda. MCT dalam minyak kelapa dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh dibandingkan dengan asam lemak. Namun, saat ini tidak ada bukti yang baik untuk mengatakan bahwa mengonsumsi minyak kelapa akan meningkatkan jumlah kalori yang dikeluarkan.

Memiliki Efek Antimikroba

Asam larut membentuk sekitar 50% dari asam lemak dalam minyak kelapa. Ketika tubuh mencerna asam larut, ia membentuk zat yang disebut monolaurin. Baik asam laurat dan monolaurin dapat membunuh patogen berbahaya, seperti bakteri, virus dan jamur. Meski demikian perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai minyak kelapad apat membunuh virus, bakteri dan jamur.

Mengurangi Kejang

Para peneliti saat ini sedang mempelajari diet ketogenik, yang sangat rendah karbohidrat dan tinggi lemak untuk mengobati berbagai gangguan. Penggunakaan terapeutik yang paling dikenal dari diet ini adalah mengobati epilepsi yang resistan terhadap obat pada anak-anak. Mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asupan lemak menyebabkan peningkatan konsentrasi keton dalam darah.

Melindungi Kulit, Rambut dan Gigi

Minyak eklapa memiliki banyak kegunaan yang tidak aada hubungannya dengan memaknnya. Banyak orang menggunakannya untuk keperluan kosmetik untuk meningkatakan kesehatan dan penampilan rambut dan kulit mereka. Studi menunjukkan minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air kulit kering dan mengurangi eksim. Selain itu minyak kelapa juga dipercaya mampu melindungi rambut dari kerusakan.

Minyak kelapa yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Meskipun memiliki banyak manfaat, ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakannya untuk masalah kesehatan lainnya. Jika untuk kecantikan mungkin memang minyak kelapa memiliki banyak manfaat yang di dapatkan salah satunya untuk melindungi rambut dari kerusakan dan membuat rambut menjadi halus dan mudah diatur.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading