Sukses

Lifestyle

6 Cara Menjaga Kesehatan Mental dari Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Virus corona membuat seluruh populasi dunia berada dalam ketidakpastian dan sajian berita non-stop tentang pandemi yang seolah tiada henti. Tanpa disadari hal tersebut berpengaruh pada kesehatan mental masyarakat dunia. Lantas bagaimana cara menjaga dan melindungi kesehatan mental kita?

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia merilis beberapa saran untuk melindungi mental health selama pandemi virus corona atau Covid-19. Berikut hal yang bisa dilakukan dalam masa krisis yang menimbulkan tekanan dan kecemasan hasil pengembangan Mental Health Department atau Departemen Kesehatan Mental selama pandemi Covid-19.

1. Empati di Atas Segalanya

Covid-19 dipercaya telah mempengaruhi orang-orang dari banyak negara di banyak lokasi geografis. Sebab itu, jangan melekatkan virus corona ini pada etnis atau kebangsaan apa pun.

Bersikap empati pada mereka yang terkena dampak, di dan dari negara mana pun. Mereka yang menderita penyakit ini tidak melakukan kesalahan apa pun.

 

 

2. Orang yang memiliki Covid-19

Disarankan untuk tidak merujuk orang yang terkena penyakit sebagai "Covid-19 cases", "victims", "Covid-19 families" atau "berpenyakit". Penyebutan yang direkomendasikan adalah "people who have Covid-19" atau "orang yang memiliki Covid-19" dan setelah pulih dari penyakit tersebut, hidup mereka akan berlanjut dengan pekerjaan, keluarga, dan orang-orang yang dicintai.

 

3. Filter Bahan Tontonan dan Bacaan

Hindari menonton, membaca, atau mendengarkan berita yang membuat kita merasa cemas atau tertekan. Cobalah ganti angle berita menjadi langkah-langkah praktis untuk melindungi diri. 

Untuk tetap update kabar virus corona, carilah informasi terkini pada waktu tertentu, tidak harus setiap saat. Laporan berita yang tiada henti dapat menyebabkan siapa saja merasa khawatir.

Kumpulkan informasi secara berkala, dari situs WHO atau media kredibel lainnya. Bisa juga dari platform otoritas kesehatan setempat untuk membantu kita membedakan mana fakta dan berita bohong.

 

 

4. Lindungi diri sendiri dan mendukung orang lain

Membantu orang lain dalam waktu yang tepat dapat bermanfaat bagi yang menerima dan juga diri sendiri.

 

 

5. Peluang

Temukan peluang untuk menyebarkan cerita positif, gambar positif dari orang-orang lokal yang telah pulih dari virus corona atau Covid-19 lewat pemulihan dan bersedia berbagi pengalaman mereka.

 

6. Penghormatan pada tim medis

Beri dukungan pada petugas kesehatan yang menolong orang-orang dengan Covid-19 di komunitas kita. Akui peran yang mereka jalani berarti besar untuk menyelamatkan hidup dan menjaga semua orang yang kita cintai.

Simak Video Menarik Berikut

#ChangeMaker 

Silaturahome (Silaturahmi From Home) Day 2
;
Loading