Sukses

Lifestyle

Tips untuk Lebih Menghargai Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Tidak dapat disangkal, rasa hormat adalah salah satu unsur terpenting dalam hubungan apa pun. Ini mungkin tampak seperti pernyataan idealis untuk dikatakan, tetapi kita hanya bisa hidup damai dengan orang lain jika kita belajar untuk menghormati mereka terlepas dari perbedaan budaya, ras, agama, dan bahkan kemampuan. Mungkin sangat mudah untuk mengatakan ini, tetapi seperti yang diketahui sekarang, ini sangat sulit dilakukan. Untuk menghormati orang yang tidak memiliki nilai yang sama dengan yang kita miliki, kita diminta untuk berkompromi. Ini sering berarti harus melihat kesalahan orang lain, dan mengabaikan keyakinan yang bertentangan dengan mereka. Singkatnya, rasa hormat adalah memilih untuk melihat yang baik pada orang lain dan menghargai bakat, keterampilan, dan apa yang dapat mereka berikan.

Jika dirimu adalah seseorang yang sedang dalam proses membangun hubungan yang lebih baik dengan teman, mitra, atau keluarga, dirimu akan menemukan bahwa langkah pertama dalam latihan ini adalah untuk menghormati mereka. Hanya dengan begitu dirimu dapat membangun rasa saling percaya, atau bahkan cinta. Berikut ini beberapa cara mudah untuk mempraktikkan rasa hormat kepada orang lain.

Dengarkan

Dirimu tahu bahwa perasaan yang didapatkan ketika dirimu bercerita, dan dirimu merasa orang lain tidak begitu tertarik? Itu karena orang itu tidak mendengarkanmu. Apa yang gagal kita sadari sebagai orang dewasa adalah bahwa mendengarkan sebenarnya adalah langkah yang lebih penting dalam berkomunikasi. Ketika kita mendengarkan orang lain, kita membuat mereka merasa bahwa kita tertarik pada ide-ide mereka. Jadi, silakan dan beri temanmu waktu untuk berbagi kisahanya. Dengarkan ia dan saat dirimu melanjutkan, dirimu akan melihat bahwa hanya dengan melihat kita dapat benar-benar memahami seseorang.

Ucapkan Terima Kasih

Ucapkan terima kasih kepada orang lain atas banyuan mereka. Terlebih lagi jika orang tua memberimu hadiah atau kekasihmu yang memberikanmu bunga, katakanlah terima kasih. Sangat mudah untuk melupakan hal ini, tetapi bayangkan kebahagiaan yang akan mereka rasakan ketika mereka mendengankan dua kata berharga itu darimu. Berterima kasih kepada orang-orang bukan hanya untuk sekedar ucapan. Ini juga untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa dirimu menghormati mereka dan bahwa upaya mereka tidak sia-sia.

Bersikap Baik

Bersikaplah baik pada setiap orang, namun, janagn lakukan itu hanya karena dirimu berharap orang lain juga baik padamu, lakukan bahwa dirimu tahu bahwa orang itu adalah seseorang yang pantas mendapatkannya.

Perhatikan Waktu Orang Lain

Jika dirimu membuat rencana utnuk bertemu dengan teman, sebaiknya perhatikan waktu. Mengenali waktu orang lain adalah sebagian orang meremehkan. Orang-orang akan menghargai ketika dirimu datang tepat waktu. Waktu adalah sumber daya kita yang paling berharga sebagai manusia. Jadikan pastikan tidak membuang-buang waktu orang lain hanya dengan menjadi perhatian.

Bersikap Sopan

Bersikap sopan terhadap orang lain adalah salah satu untuk menghargai orang. Ketahui frasa dan gerakan apa yang dikomunikasikan sehubungan dengan orang lain. Misalnya dirimu mengatakan "Tolong" ketika membutuhkan bantuan dan katakan "Maaf" jika secara tidak sengaja melakukan kesalahan. Tidak mengarahkan jari pada orang lain karena itu tidak pernah dianggap sopan. Kuncinya adalah untuk mempraktikkan ini dimana pun dan dengan siapa pun dirimu bertemu orang.

Jujurlah

Menjadi jujur ​ ​​tentang bagaimana perasaanmu akan sangat dihargai oleh siapa pun dalam hidupmu. Jika menghormati seseorang, dirimu tahu bahwa mereka layak mendapatkan kebenaran dan tidak kekurangannya. Berbohong tidak pernah menghasilkan sesuatu yang baik, jadi buanglah sikap itu. Namun, kejujuran adalah mencerminkan seseorang bersikap bijaksana.

Menghormati adalah tentang bagaimana belajar untuk memahami bahwa menghormati adalah sayarat untuk banyak hal dalam hubungan apa pun. Sebelum mempraktikkannya pada orang lain alangkah baiknya untuk mempraktikkan pada diri sendiri. Orang yang cenderung menghargai dirinya sendiri mereka mampu melakukannya pada orang lain.

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Psikologi di Balik Panic Buying saat Pandemi Virus Corona dan Tips Menghindarinya
Artikel Selanjutnya
Hand Sanitizer dan Sabun Cuci Tangan, Mana yang Lebih Ampuh Bunuh Virus?