Sukses

Lifestyle

5 Etika Rapat Online yang Tepat Ketika Work From Home

Fimela.com, Jakarta Menyusul merebaknya pandemi virus corona di Indonesia membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk melakukan sistem kerja di rumah atau work from home. Ini menjadi salah satu strategi bisnis agar tetap berjalan di tengah krisis global.

Sejumlah perusahaan pun mempersiapkan diri untuk melakukan sistem kerja work from home. Dimulai dengan menyiapkan ruang kerja yang sesuai hingga mengunduh aplikasi yang mendukung pekerjaan. Seperti mengunduh platform digital untuk keperluan rapat secara online.

Selama work from home, kamu tetap harus menjaga sikap ketika melakukan rapat online. Bagaimana caranya?

1. Tombol mute

Suasana di rumah terkadang membuat meeting menjadi tidak kondusif. Akan ada banyak suara yang bisa masuk selama rapat online. Untuk menjaga suasana yang kondusif, kamu bisa menerapkan mode Mute jika kamu tidak sedang berbicara. Sehingga kamu bisa leluasa untuk rapat sembari makan.

2. Gunakan earphone yang ideal

Penggunaan earphone atau headphone bisa memudahkan kamu untuk lebih fokus mendengar apa yang sedang dibicarakan. Selain itu, kamu jadi lebih mudah untuk menyampaikan pikiranmu secara langsung. Kini banyak headphone atau earphone yang memiliki kualitas ideal untuk membantu meeting berjalan dengan lancar.

 

3. Menggunakan panggilan konferensi sebagai opsi

Jika panggilan video justru memperlambat kinerja komputer atau laptop, kamu bisa memanfaatkan handphone. Ada sejumlah aplikasi berbasis digital yang memanfaatkan nomor telepon untuk melakukan panggilan secara berkelompok.

4. Selalu berkomunikasi

Melakukan pekerjaan di kantorpun tetap ada waktu untuk kamu untuk istirahat atau sekadar mengambil air minum. Namun jika work from home seperti ini, pastikan orang yang sedang diajak rapat mengetahui kamu hendak melakukan apa. Sehingga mereka selalu mendapat informasi terbaru tentang keberadaanmu.

5. Berpakaianlah yang tepat

Jika ada pekerjaan yang mengharuskan dirimu melakukan sesi panggilan video dengan klien, usahakan untuk tetap berpakaian rapi. Kamu bisa menggunakan atasan yang rapi, seperti kemeja dengan bawahan yang nyaman, seperti celana pendek. Karena yang klien lihatnya hanyalah dari bagian dada ke atas.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading