Sukses

Lifestyle

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Cengkeh adalah kuncup bunga dari pohon cengkeh. Cengkeh sering di temukan dalam bentuk utuh atau bubuk, sebagai rempah-rempah serbaguna. Cengkeh juga sering digunakan untuk membumbui daging, menambah rasa dalam minuman, atau sebagai aroma pada kue. Cengekh juga sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Berikut ini beberapa manfaat dari mengonsumsi cengkeh untuk kesehatan.

Tinggi Antioksidan

Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, cengkeh kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang mengurangi stres oksidatif, yang dapat berkonsentrasi pada perkembangan penyakit kronis. Cengkeh juga mengandung senyawa disebut eugenol yang telah terbukti bertindak sebagai antioksidan alami. Faktanya, studi tabung menemukan bahwa euganol menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan antioksidan lainnya.

Dapat Menangkal Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang diitemukan dalam cengkeh dapat membantu melindungi terhadap kanker. Studi menemukan bahwa ekstrak cengkeh membantu menghentikan pertumbuhan tumor dan mendorong kematian sel dalam kanker. Euganol dalam cengkeh juga terbukti memiliki sifat antikanker. Namun, perlu diingat euganol berubah menjadi beracun ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggiyang menyebabkan kerusakan pada hati.

Membunuh Bakteri

Cengkeh telah terbukti memiliki sifat antimikroba, artinya ini dapat membantu mengehntikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. Sebuah studi menunjukkan bhwa minyak atsiri cengkeh dapat membunuh 3 jenis bakteri termasuk ecoli yang merupakan strain bakteriyang dapat menyebabkan keracunana makanan

Mampu Membunuh Bakteri

Studi menunjukkan bahwa senyawa bermanfaat dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Senyawa eugenol mungkin dangat bermanfaat bagi hati. Kedua campuran meningkatkan fungsi hati, mengurangi peradangan dan mengurangi stres. Namun, studi kecil menemukan bahwa mengonsumsi suplemen eugenol selama 1 minggu dapat menurunkan kadar glutathione-S- tranfereses (GSTs).

Dapat Membantu Mengatur Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali. Insulin adalah hormon yang bertaggung jawab untuk mengankut gula dari darah ke sel-sel dalam tubuh. Fungsi insulin yang tepat dapat sangat membantu menjaga gula darah stabil.

Dapat Mengurangi Tukak Lambung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengobati sakit maag. Juga dikenal sebagai tukak lambung, tukak lambung adalah luka yang menyakitkan yang terbentuk di lapisan perut, duodenum, atau kerongkongan. Lendir lambung berfungsi sebagai penghalang dan membantu mencegah erosi lapisan lambung dari asam pencernaan.

Cengkeh memiliki banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk menjaga kadar gula darah dan membantu menghambat pertumbuhan bakteri. Meskipun memiliki manfaat yang banyak, namun, tetap konsumsi dalam jumlah yang wajar.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading