Sukses

Lifestyle

6 Alasan Mengapa Pelukan Penting Bagi Kesehatan Secara Keseluruhan

Fimela.com, Jakarta Mengatakan "Aku cinta padamu" kepada seseorang adalah cara yang paling efektif untuk mengungkapkan perasaanmu terhadap seseorang. Namun, tetap saja itu bukan yang terbaik. Kata-kata tidak ada artinya jika tidak mencerminkan tindakan kita. Ini adalah alasan mengapa kita bisa mengekspresikan perasaan kita kepada seseorang melalui tindakan. Salah satu hal termudah untuk dilakukan adalah memeluk orang yang kita cintai. Memeluk adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepuasan, kebahagiaan, dan kasih sayang karena melibatkan membangun hubungan fisik yang dekat dengan orang lain. Namun, bukan itu saja, ternyata pelukan sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Menurut Virginia Satir seorang penulis terkenal, dan pelaku terapis, pelukan sangat penting untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan pribadi kita. Hal itu ternyata juga penting untuk kesehatan dan kenyamanan seseorang. Berikut ini beberapa  manfaat dari pelukan untuk kesehatan secara keseluruhan.

Meringankan Rasa Emosional

Jika seseorang merasa sedih, depresi atau berduka karena pelukan yang hilang sebenarnya dapat membantu seseorang mengatasi rasa sakit. Memeluk dapat membantumu merasa lebih rileks dan menyeimbangkan emosi ketika seseorang mengalami masa sulit.

Bermanfaat Bagi Kesehatan Secara Keseluruhan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, berpelukan setiap hari dapat menurunkan tingkat sres dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang menerima pelukan setiap hari memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Oleh sebab itu mengapa memeluk sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Menurunkan Stres

Pelukan memiliki efek positif pada kesehatan mental seseorang. Dengan mengurangi kadar kortisol, pelukan menenangkan ketakutan dan membantu seseorang lebih rileks. Mereka dapat memperbaiki suasana hati kita dan membuat seseorang merasa lebih tenang dalam situasi yang penuh tekanan.

Meringankan Kecemasan dan Meningkatkan Keyakinan

Orang yang menderita kecemasan pasti akan merasa lebih lega setelah dipeluk. Ini juga dikonfirmasi oleh para ilmuan yang membuktikan bahwa pelukan dapat meredakan rasa takut pada orang yang tidak percaya diri. Oleh sebab itu ketika seorang teman atau orang terdekat kita merasa cemas dan tidak yakit akan suatu hal, cobalah untuk memberikan pelukan supaya ia merasa lebih tenang dan yakin dengan apa yang akan ia hadapi.

Pelukan Sarana Komunikasi

Seseorang biasanya berkomunikasi dengan orang lain secara lisan atau dengan ekspresi wajah. Namun, orang juga dapat saling mengirim pesan melalui sentuhan. Sebuah penelitian mengklaim bahwa orang yang tidak mengenal satu sama lain dapat mengirim dan menerima pesan dengan menyentuh berbagai bagian tubuh mereka. Beberapa emosi yang dapat diekspresikan dengan cara ini adalah kebencian, kekhawatiran, kekaguman, penghargaan, kegembiraan, kesedihan, dan belas kasih. Inilah mengapa memeluk yang sangat menghibur bisa dengan mudah membantu kita mengekspresikan penghargaan dan perasaan hangat kita untuk orang lain.

Membantu Fungsi Sistem Parasimpatis dengan Benar

Manfaat penting lainnya dari berpelukan adalah fakta bahwa itu bisa mengubah kulit kita. Respons kulit galvanik dari seseorang yang telah dipeluk atau memeluk orang lain menunjukkan perubahan dalam konduksi kulit orang ini. Hasilnya adalah tingkat kelembaban dan listrik kulit yang lebih tinggi yang menunjukkan bahwa sistem saraf parasimpatis berfungsi lebih baik.

Jika berpelukan membuatmu lebih tenang dan nyaman, mungkin dapat dilakukan dengan orang-orang terdekat mungkin seperti orang tua, teman atau bahkan sahabat. Selain itu juga berpelukan juga membangun komunikasi selai menggunakan pembicaraan.

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menyimpan Jahe Agar Tahan Lama
Artikel Selanjutnya
Daya Tahan Virus Corona dapat Bertahan di Pakaian dan Cara Mencucinya